Close

" The Character Building University "

Metafora dalam Kognitif Bahasa : Ilmu untuk Mengetahui Proses Berpikir Manusia

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Unimed mengadakan Friday Forum kelima dengan tema “Metaphor in Cognitive Linguistic” secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Joko Kusmanto, M.Hum dan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FBS Unimed Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum, Jumat (11/12/2020)

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Dekan II Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed., Wakil Dekan III Dr. Marice, M.Hum., Ketua Friday Forum Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Dr. Muhammad Natsir, M.Hum., fungsionaris dan dosen di lingkungan FBS Unimed.

Wakil Dekan Bidang Akademik FBS Unimed Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum, mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh dosen-dosen jurusan bahasa dan sastra Inggris. “Kegiatan Friday Forum kelima memang harus kita dukung karena kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan. Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh civitas khususnya di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang baik untuk topik yang sudah ditentukan. Kami yakin Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris kedepan akan semakin baik dan semangat lagi terkait dengan topik-topik dan isu yang berkembang pada saat ini” ujar Dr. Wahyu.

Dr. Joko Kusmanto, M.Hum, dalam paparannya menyampaikan “Metafora adalah nama yang semuanya kita kenal, tidak hanya diantara ahli Bahasa tetapi juga diantara filsuf, psikolog, wartawan, dan lain-lain. Beberapa dari kita menghitung ekspresi yang sama seperti ekspresi metaforis dan yang lainnya dihitung mereka sebagai ekspresi literal. Saat berbicara tentang metafora orang lebih sering memikirkan ekspresi linguistic yang berbunga-bunga seperti yang banyak dijumpai dalam puisi tetapi pada hakikatnya metafora itu dihasilkan dari pikiran manusia tanpa disadarinya,” jelas Dr. Joko

Lanjutnya Joko juga menambahkan linguistic metaphor adalah produk dari proses berpikir manusia sehingga mempelajari metafora linguistik dianggap penting agar dapat memahami cara berpikir manusia.(Humas Unimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW