Close

" The Character Building University "

Tim PKM Unimed Raih 3 Medali di PIMNAS 33 Tahun 2020 di UGM

Tiga Tim PKM Universitas Negeri Medan berhasil meraih prestasi di ajang bergengsi nasional Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke -33 Tahun 2020 yang dilaksanakan di Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Tim PKM UNIMED berhasil meraih medali 2 perak dan 1 perunggu ketika dibacakan pengumuman pemenang saat acara penutupan PIMNAS di Graha  Sabha Pramana UGM yang disiarkan secara online melalui kanal Youtube UGM (28/11/2020).

Tim PKM UNIMED yang berhasil meraih medali adalah dari Tim PKM-K Dika Ramadhana (Pendidikan Kimia) ketua dari judul “Liptint Alami Dari Daun Jeruk Nipis dan Kulit Buah Naga: Solusi Bibir Indahmu”  dengan anggota Armayana Azmi (Pendidikan Kimia), Ayu Supianggi Radani Lubis (Pendidikan Kimia), Dandi Abdul Halim (Akutansi), Hafizah Delila (Pendidikan Tata Rias) yang dibimbing oleh Nora Susanti, S.Si.,M.Sc.,Apt berhasil meraih 1 Perunggu pada kategori poster, sedangkan pada kategori presentasi Tim PKM Unimed berhasil meraih 2 perak dengan rincian 1 perak dimenangkan Tim pada skema PKM-M dengan judul QR-TRAIN : Kereta Api Sintesis Protein Dilengkapi QR Code Sebagai Media Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang diketuai oleh Usman (Pendidikan Teknik Otomotif) dengan anggota Rahmayanti Br. Padang (Pendidikan Biologi), Thya Dwiana Rismiati (Pendidikan Biologi), Nurlaila Putri (Pendidikan Biologi), Azqal Azkia (Pendidikan TIK), Ramadhan Winarto (Pendidikan Teknik Mesin) yang dibimbing oleh Dr. Drs. Lisyanto, M.Si dan 1 Perak pada skema PKM-T dengan judul Toolset Kem-Kem Era Society 5.0 yang diketuai oleh Emelia Ginting (Pendidikan Biologi) dengan anggota Nurul Qodri (Pendidikan Teknik Otomotif), Vebrina Adnin (Pendidikan IPA), Nurhikmah Weisdiyanti (Pendidikan Fisika), Ibnu Akbar (Pendidikan Teknik Otomotif) dimbimbing oleh Dr. Rahmatsyah, M.Si

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom., SKM., M.Kes mendengar kabar Bahagia tersebut mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi atas prestasi mahasiswa Unimed yang diperoleh. “Kami pimpinan sangat bangga akan prestasi mahasiswa yang berhasil meraih perak dan perunggu di PIMNAS 33. Kita tahu bahwa perjuangan agar proposal yang dibuat untuk masuk ke PIMNAS sangatlah susah dan berat. Tapi seluruh perjuangan tersebut sekarang terbalas dengan dapatnya prestasi ini. PIMNAS pada tahun ini sangat berbeda dengan PIMNAS tahun sebelumnya dimana PIMNAS tahun ini diadakan secara daring hal ini dikarenakan negara kita sedang menghadapi pandemic virus corona. Tetapi hal tersebut tidaklah menghalangi para adik-adik mahasiswa untuk terus berkarya dan berinovasi. Hal ini terbukti dengan para mahasiswa UNIMED yang tetap berhasil meraih prestasi di PIMNAS. Kemenangan yang didapatkan ini merupakan hasil jerih payah pemikiran inovatif para mahasiswa dan tentunya juga para dosen pembimbing yang dengan sabar dan ikhlas membimbing para mahasiswa sehingga akhirnya tim yang dibimbing dapat meraih 2 perak 1 perunggu,” ujar Rektor ketika diwawancarai lewat telepon.

“Kepada tima yang belum berhasil jangan berkecil hati karena bagi kami kalian juga adalah pemenang karena proposal kalian sudah berhasil tembus masuk ke PIMNAS. Hal tersebut sudah menjadi kebanggan tersendiri. Tetaplah semangat dan teruslah berkarya. Saya juga berhapar kepada mahasiswa UNIMED yang lain. Semoga dengan prestasi yang diraih oleh kawan kalian ini dapat menumbuhkembangkan rasa berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan sebuah karya yang dapat membantu menyelesaikan masalah bangsa. Kita berharap di PIMNAS tahun depan kita harus bisa lebih berprestasi, kita maksimalkan masuk 10 besar nasional,” ujar Dr. Syamsul.

Wakil Rektor III Prof. Sahat saat mendengar kabar tersebut melalui WA senada dengan Rektor mengucapkan selamat dan mengucapkan terima kasih banyak untuk semua kerja keras yg telah dilakukan Tim PIMNAS UNIMED sehingga bisa meraih prestasi di ajang bergengsi ini. “Kita bersyukur tahun ini kita memperoleh prestasi 21 nasional  dari 101 universitas yang ikut. semoga kemenangan ini akan menjadi motivasi kita agar PIMNAS tahun depan kita bisa tembus di 10 besar. Amin,” ujarnya.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW