Close

" The Character Building University "

Dosen Podi Pend. B. Prancis FBS UNIMED Juara 2 Lomba Perayaan Hari Guru Bahasa Prancis Sedunia

Mewakili Universitas Negeri Medan, Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS Unimed Juara 2 Lomba Perayaan Hari Guru Bahasa Prancis Sedunia pada Kamis, (26/11). Dosen sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS Unimed Dr. Tengku Ratna Soraya, M.Pd mengikuti lomba yang dilaksanakan oleh Perhimpunan Pengajar Bahasa Prancis Seluruh Indonesia (PPPSI-APFI) dalam rangka merayakan hari Guru Bahasa Prancis sedunia dengan tema “Hubungan dan Praktik Baru: Program untuk Masa Depan” (Nouveaux liens et nouvelle pratiques: projet pour demain) sebagai bagian dari perayaan ini.

Lomba video singkat berdurasi 2-3 menit ini berisikan tentang kebahagiaan dan kebanggaan melakoni profesi sebagai guru Bahasa Prancis serta memperkenalkan karakteristik budaya Provinsi masing-masing. Perlombaan ini bertujuan untuk mempromosikan profesi guru bahasa Prancis melalui kegiatan yang menciptakan hubungan dan solidaritas antar anggota melalui kegiatan yang bersahabat. Perlombaan ini merupakan bagian dari perayaan Hari Guru Bahasa Prancis se dunia.

Puncak acara berlangsung Via Online pada tanggal 26 Nopember 2020 yang dihadiri oleh 300an peserta yang terdiri dari para pengajar bahasa Prancis se-Indonesia baik sebagai guru di pendidikan menengah atau dosen di pendidikan tinggi, Duta Besar Negara Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Olivier Chambard, Presiden Perhimpunan Pengajar Bahasa Prancis Seluruh Indonesia (APFI-PPPSI) Prof. Dr.Tri Indri Hardini, M.Hum, Atase Kerjasama Linguistik Institut Prancis di Indonesia (IFI) Philippe Grangé, Presiden Komisi Asia Pasifik Federasi Guru Bahasa Prancis Sedunia (CAP-FIPF) Julia Yang dan Sekretaris Jenderal Organisasi Frankofon Sedunia (OIF).

Kegiatan ini juga menampilkan pemaparan dari Christhoper Laenzlinger dari Institut Keguruan/ Universitas Jenewa, Swiss (Institut de Formation des Enseignants/Université de Genève, Suisse) dengan judul “Bahasa Prancis dan Pengajarannya di Wilayah Swiss yang Berbahasa Prancis, Program LexiGrammaire: Praktik dan Tantangan Baru” (Le français et son enseignement en Suisse romande. Le projet LexiGrammaire: nouvelles pratiques et nouveaux défis).

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. turut mengucapkan selamat kepada Dr. Tengku Ratna Soraya, M.Pd. yang telah berhasil meraih Juara 2 Lomba Perayaan Hari Guru Bahasa Prancis Se-dunia. Prestasi ini membanggakan bagi kita civitas akademika dan mengharumkan nama Unimed, semoga dapat menjadi pemantik bagi dosen lainnya untuk terus berprestasi. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW