Close

" The Character Building University "

UNIMED Tuan Rumah Uji Publik Penyusunan Grand Desain Keolahragaan Nasional

Universitas Negeri Medan ditunjuk sebagai panitia penyelenggara oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia untuk melaksanakan kegiatan uji publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan Nasional yang dilaksnakan di Sumatera Utara pada 11 – 13 November 2020 di Hotel JW Marriott Medan. Kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan melaksanakan rapid tes sebelum kegiatan berlangsung. Acara tersebut juga dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting dan streaming youtube kemenpora.

Uji publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan Nasional ini melibatkan para akademisi dan juga stakeholder olahraga. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Menpora Zainudin Amali yang dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Wagub Sumut, Musa Rajekshah, Rektor Unimed selaku ketua panitia pelaksana, Anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin dan Sofyan Tan sebagai pembanding utama, Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafidz, Kadis PORA kabupaten kota, Ketua KONI Sumut Kabupaten Kota, akademisi dan stakeholder lainnya.

Zainudin Amali mengatakan, Uji publik Penyusunan Grand Design Keolahragaan ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait perbaikan ekosistem keolahragaan nasional. Sebab selama ini, Indonesia tidak mempunyai grand design yang jelas tentang pembinaan olahraga meski 75 tahun merdeka.

“Sudah 75 tahun kita sudah merdeka, tapi kita tidak mempunyai grand design yang jelas, pembinaan prestasi olahraga Indonesia wajib diatur dan tidak boleh terbentuk dengan instan. Atlet berprestasi harus didesain dan diciptakan bukan karena dicari,” ucapnya.

Selanjutnya, Menpora mengatakan “Grand Design Keolahragaan Nasional memiliki sasaran jangka menengah dan jangka panjang mulai 2020 hingga tahun 2045. Dengan melakukan revitalisasi di berbagai jenjang pembinaan dengan dukungan sport science agar pembinaan bisa lebih terukur.”

Selaku ketua panitia, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes. mengucapkan selamat datang Menpora Zainudin Amali, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Wagub Sumut, Musa Rajekshah, Anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin dan Sofyan Tan, Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafidz, Kadis PORA kabupaten kota, Ketua KONI Sumut Kabupaten Kota, akademisi dan stakeholder lainnya yang juga mengikuti secara daring. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Menpora, yang telah mempercayakan kepada Unimed menjadi penyelenggara Uji Publik Grand Desain Keolahragaan Nasional di Sumatera Utara. Semoga grand desain ini bisa segera selesai dan disosialisasikan kedaerah-daerah untuk menjadi rujukan di daerah membuat program kerja keolahragaan sesuai dengan grand desain keolahragaan nasional dalam rangka peningkatan prestasi olahraga.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan sangat mendukung program pemerintah dalam pembuatan grand desain keolahragaan nasional, dimana akan meningkatkan prestasi keolahragaan nasional. Ia juga memaparkan bentuk keseriusan Pemprovsu dalam memajukan keolahragaan di Sumatera Utara. Kami akan membangun Sport Center di Kab. Deli Serdang, yang bisa mencakup berbagai bidang olahraga. Selain itu diarea tersebut juga akan dibangun rumah sakit dan mall. Sehingga terintegrasi dengan baik, dalam rangka menyambut PON 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW