Close

" The Character Building University "

Tim PHP2D UNIMED Serahkan Mesin Dwi Fungsi di Kampung Mualaf Langkat

Tim PHP2D (Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa) Unimed tahun 2020 yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa yang tergabung dalam UKMI Ar-Rahman pada sabtu, 7 November 2020 menyerahkan bantuan mesin dwi fungsi untuk masyarakat di kampung mualaf, agar dapat digunakan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. PHP2D ini diketuai oleh Zuliana dari jurusan sejarah FIS angkatan 2018 dengan dosen pembimbing Dr. Rita Juliani, M.Si, ikut menyaksikan dalam penyerahan bantuan tersebut Pembina UKM Ar Rahman Dr. Rahmatsyah,M.Si.

Mesin Dwi Fungsi yang diarahkan kepada masyarakat kampung mualaf ini adalah mesin peraut lidi dan pencacah daun kelapa sawit, karena masyarakat di kampung mualaf Langkat ini banyak warga yang mencari tambahan ekonomi, dan bahkan ada yang menjadi pekerjaan utama yakni mencari lidi dari daun kelapa sawit.

Program PHP2D ini didanai oleh Kemendikbud melalui dana hibah mahasiswa. Program ini bertujuan untuk percepatan produksi lidi dari limbah kelapa sawit guna mendongkrak perekonomian masyarakat di kampung Mualaf Langkat.

Tim PHP2D beranggotakan Aisyah Umi Ramadhani Samosir (Fisika 2018); Akmal Hakim Lubis (Teknik Mesin 2017); Cindy Widahyu (Pendidikan Matematika 2018); Dewi Mekar Sari (Pendidikan Matematika 2018); Fuji Sartika (Pendidikan Sejarah 2018); Khairunnisa (Kimia 2018); Iin Rohimah Saragih (Pendidikan Ekonomi 2018); Muhammad Safrullah (Pendidikan TIK 2017); Sahril (Pendidikan Elektro 2018); Tri Ananda Girsang (Pendidikan Matematika 2018); Zulfahdilla Elvansyah (Pendidikan Sejarah 2018).

Kegiatan program ini telah dimulai sejak Agustus 2020, diawali dengan sosialisasi program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), pelatihan pembuatan lidi, pelatihan pembuatan pupuk, dan pelatihan manajemen pemasaran melalui online dan offline seperti e-commers, dan media sosial untuk meningkatkan perekonomian dari Kampung Mualaf, ujar Zuliana ketua tim PHP2D.

Dr. Rita Juliani, selaku dosen pembimbing dalam sambutannya menyatakan, mesin yang diberikan kepada masyarakat memiliki dwi fungsi yaitu sebagai peraut lidi dan pencacah limbah daun kelapa sawit yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produksi lidi dan pupuk, disertai dengan buku panduan pengoperasian mesin, pembuatan pupuk dan pedoman pembuatan sapu lidi. Produksi lidi dan pupuk yang dihasilkan diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Kampung Mualaf. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk kepribadian para mahasiswa untuk lebih peka dan perduli terhadap penderitaan dan kesulitan masyarakat, karena sesungguhnya mereka ini setelah tamat dari studi nanti akan terjun kemasyarakat. Mahasiswa yang dapat meniti hidup sukses setelah tamat, sesungguhnya tidak hanya berhasil secara akademik, tapi mahasiswa yang memiliki kepribadian dan hardskill yang baik. Selain itu, pemberian bantuan karya mahasiswa ini juga sebagai wujud tri dharma mahasiswa kepada masyarakat, serta bentuk kehadiran mahasiswa dalam memberikan masukan dan bantuan atas permasalahan masyarakat.

Di akhir kegiatan salah seorang pemuka masyarakat kampung mualaf Kemma Ginting beserta masyarakat mengatakan kami sangat senang menerima mahasiswa Unimed yang telah memberikan ilmunya melalui program PHP2D dan kami akan memanfaatkan serta melanjutkan program ini sehingga mesin dan peralatan pendukung yang kami terima dapat berdaya guna. Harapannya semoga menjadi amal jariyah untuk tim PHP2D UNIMED dan dosen pembimbing. Dan titip salam kami untuk pimpinan Unimed.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW