Close

" The Character Building University "

Dosen Unimed Terlibat Aktif dalam Hantarkan 30 Orang Tua Hebat di Wisuda di BKKBN SUMUT

Dosen Unimed Aktif sebagai pengajar dan pembimbing dalam program orang tua hebat yang digaungkan oleh BKKBN Sumut. Program ini berlangsung seperti kuliah, dibimbing oleh beberapa dosen Unimed dan pesertanya dari beberapa kecamatan di Medan. Karena program ini sudah berakhir dan semua kegiatan pendampingan sudah berjalan dengan sukses. Pada kamis, 5/11 30 peserta program ini di wisuda oleh Kepala BKKBN Sumut di Aula BKKBN.

Dalam arahan di acara wisuda, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Drs. Temazaro Zega, M. Kes, mengharapkan para Wisudawati dapat menjadi pionir dan instruktur, sekaligus mengajarkan program Orang Tua Hebat dikelompok Bina Keluarga Balita. (BKB).

Hal itu disampaikan Temazaro Zega, saat mewisuda 30 Orang Tua Hebat di Aula Kantor BKKBN Provsu di jalan Gunung Krakatau Medan, Kamis (5/11). “Yang diharapkan BKKBN, orang tua-orang tua hebat ini nantinya bisa membentuk karakter anak-anak yang sukses di masa depan,” kata Temazaro Zega.

Temazaro yang didampingi Kabid KS/PK Lucy Destriati dan Kepala Latbang, T. Mapalinda mengatakan, program Orang Tua Hebat ini sudah lama digaungkan oleh BKKBN. Hal ini dikarenakan berbagai macam tantangan yang terjadi terhadap Keluarga Indonesia. Seperti, pernikahan yang tak dipersiapkan dengan matang, meningkatnya pernikahan dini, pendidikan masyarakat yang rendah dan lainnya.

Zega juga berharap para Orang Tua Hebat yang telah diwisuda dapat menerapkan dan menyalurkan ilmu yang diperolehnya secara bertahap dilingkungannya. “Ada 13 pembelajaran yang diajarkan di sekolah ini. Dengan harapan dapat disalurkan di tengah-tengah masyarakat,” kata Zega sembari menambahkan bahwa mereka yang telah diwisuda akan terus dipantau oleh BKKBN dan LPPM Unimed.

Sementara itu Dr. Hesti Fibriasari, M. Hum yang mewakili Kepala LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed) mengatakan, Sekolah Orang Tua Hebat ini awal 2020 telah berjalan. Bahkan telah dilakukan 2 kali pertemuan di Unimed. “Namun karena pandemi Covid-19 diundur. Baru Juli 2020 digelar kembali, tapi pelaksanaan dilakukan di Kantor Kecamatan Percut Sei Tuan dan Medan Perjuangan. Ada beberapa dosen kita yang aktif sebagai pengajar dan pembimbing program orang tua hebat ini. Semoga program ini akan terus berjalan dan menjadi gerakan masal secara nasional, karena sungguh luar biasa manfaatnya. Kami Unimed siap bekerjasama dengan BKKBN untuk terus menggaungkan dan menyukseskan kegiatan ini, karena kami juga punya kewajiban untuk memberikan sumbangsih bagi kemajuan masyarakat dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi” ujar Hesti.

“Dosen kita bu Hodriani, yang luar biasa dan semangatnya dalam membimbing para orang tua yang ikut dalam program orang tua hebat ini, beliau tidak kenal lelah. Semoga menjadi nilai ibadah bagi beliau, amin, tutup Hesti.

Sebelumnya, Kasubbid BKBA dan KKL BKKBN Sumut, R. Ulina Simarmata, S.Sos melaporkan, kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat ini dilaksanakan selama 6 bulan. Pesertanya sebanyak 30 orang, dengan rincian 20 orang dari Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan Perjuangan, 5 dari Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang dan 5 lainnya dari Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli.(Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW