Close

" The Character Building University "

Dosen FT UNIMED Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Tanjung Gusta Saat Pandemi Covid-19 dengan Budi Daya Lele

Tim dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan telah sukses melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat dengan pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masayarakat (LPPM) UNIMED kepada kelompok masyarakat di kelurahan Tanjung Gusta kecamatan Medan Helvetia kota Medan Sumatera Utara. Pelaksanaan kegiatan dimulai sejak bulan April 2020 dan telah dilakukan serah terima dengan kelompok masyarakat kelurahan Tanjung Gusta pada tanggal 18 September 2020. Tim pelaksana PKM berjumlah 4 orang terdiri dari Eka Dodi Suryanto, S.Pd., M.T sebagai ketua pelaksana, Marwan Affandi, S.T., M.T, Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd dan Drs. Sempurna Perangin-angin, M.Pd sebagai anggota.

Program Kemitraan Masyarakat yang dilaksanakan adalah pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan positif yang dapat mendorong perekonomian masyarakat. Salah satu kegiatan yang dapat dilaksanakan adalah pemberdayaan masyarakat wirausaha melalui pengembangan budi daya ikan Lele Dumbo. Pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan kewirausahaan budi daya ikan Lele Dumbo yang dilaksanakan di kelurahan Tanjung Gusta dilatarbelakangi oleh potensi daerah yang mendukung pemeliharaannya. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah membimbing, mengembangkan, dan mengarahkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dan pemuda agar memiliki keterampilan untuk mengembangkan budi daya ikan Lele Dumbo.

Kagiatan dimulai pada bulan April 2020 dengan melakukan survei terhadap masyarakat di kelurahan Tanjung Gusta terkait masalah yang dihadapi. Survei dilakukan dengan metode wawancara kepada beberapa anggota masyarakat, salah satunya adalah bapak Budi yang menjadi mitra dalam kegiatan ini. Beliau menjelaskan bahwa masalah utama yang dihadapi saat ini adalah pendapatan ekonomi rata-rata masayarakat kelurahan Tanjung Gusta berkurang selama pandemi COVID-19 melanda. Pekerjaan masyarakat pada umumnya adalah buruh harian yang mendapatkan upah harian jika ada pekerjaan.

Melihat permasalahan ini, tim PKM LPPM UNIMED mencoba memberikan solusi kepada masyarakat dengan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat wirausaha. Kegiatan yang dilakukan adalah pengembangan budi daya ikan Lele Dumbo. Tim pelaksana dan mitra membangun kolam ikan sistem Bioflok denga ukuran 2 m x 3 m. Kemudian kolam ditaburi benih ikan Lele Dumbo sebanyak 5000 ekor. Pemberian pakan dilakukan oleh mitra sebanyak 2 kali dalam sehari menggunakan pelet. Ikan dapat dipanen setelah berumur 3 bulan samapi 4 bulan tergantung ukurannya. Tim pelaksana berharap kegiatan ini dapat membantu dan memberi solusi kepada masyarakat kelurahan Tanjung Gusta dalam menghadapi masalah ekonomi dimasa saat ini.

Bapak Budi sebagai mitra dari kegiatan ini mengucapkan terimakasih kepada bapak Rektor UNIMED, bapak Ketua LPPM UNIMED dan tim Pelaksana PKM atas pelaksanaan kegiatan ini. Masyarakat kelurahan Tanjung Gusta juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas pelaksanaan program ini berupa bimbingan dan arahan untuk pengembangan keterampilan masyarakat dalam menekuni budi daya ikan Lele Dumbo. Masyarakat juga berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana setiap tahun guna meningkatkan produktivitas anggota masyarakat kelurahan Tanjung Gusta. Mereka juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan wirausaha.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW