Close

" The Character Building University "

Prodi P. Bahasa Jerman FBS Unimed Kerjasama dengan Penerbit Jerman Tingkatkan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan menyelenggarakan Seminar Orientierung zum Studio Express dengan Tema Arbeiten mit Studio Express, Analog und Digital pada hari Senin, 19 Oktober 2020. Kegiatan seminar ini menghadirkan 2 orang narasumber yang merupakan pakar dan praktisi pendidikan dibidang pengajaran Bahasa Jerman sebagai Bahasa asing (DaF) yaitu Martina Bartucz,M.A dan Nadine Küpfer.

Ketika membuka acara Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum  menyambut baik kegiatan karena dengan diadakan kegiatan seperti ini dapat membantu proses pembelajaran yang dilakukan secara daring saat ini. “Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan yang besar terhadap dunia pendidikan dimana yang dulunya pembelajaran dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pertemuan online dengan memanfaatkan berbagai platform aplikasi konferensi video. Tentunya hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga terjadi di berbagai negara yang terkena dampak dari pandemi ini. untuk itu kita sebagai pendidik harus dapat meningkatkan kemampuan kita agar tetap mampu memberikan ilmu terhadap mahasiswa kita biarpun di masa pandemi ini. kita harus bisa memberikan ilmu dengan tepat dan kreatif sehingga mahasiswa tidak bosan ketika pembelajaran dilakukan secara daring,” ujar Dekan FBS.

Lanjut Dekan juga menyampaikan harapannya agar dengan dilakukan webinar ini dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran terhadap mahasiswa secara daring khususnya di prodi Jerman. “Para dosen harap mengikuti seminar ini dengan sebaik-baiknya sehingga ilmu yang didapat dapat diterpakan dalam pembelajaran. Terakhir saya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dengan penerbit Cornelsen yang mengadakan kegiatan ini semoga dengan kerjasama yang dilakukan dapat memberikan manfaat terhadap para civitas akademika FBS UNIMED dalam pembelajaran daring tidak hanya selama pandemi ini berlangsung tetapi juga setelah pandemi ini berakhri,” tutup Dr. Abdurahman.

Jumlah peserta terdaftar sebanyak 260 orang yang terdiri dari seluruh dosen, mahasiswa, dan alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNIMED. Acara ini terlaksana dengan dukungan Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum, Kaprodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNIMED Hafniati, M.A yang berperan sebagai Moderator, dan Indah Aini, M.A sebagai Host.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang dirintis oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed, Hafniati, M.A dengan salah satu perusahaan penerbit terbesar di Jerman “Cornelsen”, yang bertujuan memberikan pelatihan kepada dosen untuk memantapkan pembelajaran daring selama masa Pandemi COVID 19 ini. Selanjutnya mahasiswa juga dapat menggunakan Platform untuk buku Studio Express secara online sehingga dapat belajar secara mandiri dirumah.

Kegiatan ini akan berlanjut dengan penandatanganan Kerjasama MoU, dimana pihak penerbit Cornelsen akan memberikan pelatihan dan workshop tentang pengajaran Bahasa Jerman dan memberikan informasi tentang buku-buku pelajaran dan referensi terbaru lainnya. (Humas UNIMED/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW