Close

" The Character Building University "

Pemanfaatan BMN di Lingkungan UNIMED untuk Optimalisasi PK-BLU

Universitas Negeri Medan yang pengelolaan keuangan telah berubah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dapat memperoleh income generate dengan memanfaatkan seluruh aset yang dimiliki UNIMED. Untuk mengetahui lebih lanjut aset UNIMED yang dapat dimanfaatkan dan bagaimana pengelolaannya Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan “Sosialisasi Pemanfaatan Dan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di lingkungan Universitas Negeri Medan” yang dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom, Selasa (06/10/2020). Sosialisasi ini mendatangakan narasumber langsung dari DJKN Kanwil Sumut Maulina Fahmilita, M.Si., Psikolog.

Selaku ketua panitia Kepala Biro Umum dan Keuangan Herawati Ginting, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mengetahui lebih lanjut aset apa saja yang belum dikelola secara maksimal sehingga dapat dimanfaatkan untuk menambah income generate di UNIMED. “Banyak sekali BMN di UNIMED yang dapat dimanfaatkan kita untuk menaikkan income generate. Dengan mengikuti sosialisasi ini kita sebagai pengelola BMN di fakultas atau unit dapat memikirkan ide-ide untuk memanfaatkan aset tersebut,” ujarnya.

Herawati juga mengatakan bahwa saat ini UNIMED juga sedang merancang sebuah taman eduwisata yang rencananya akan dibangung di FMIPA UNIMED diharap taman tersebut dapat menambah income generate UNIMED.

Ketika membuka acara Prof. Dr. Martina Restuati., M.Si., menyampaikan hal yang senada dengan Kepala BUK. “seperti yang telah disampaikan ketua panitia kita memiliki banyak sekali aset seperti Gedung-gedung, lab. Semua itu dapat kita manfaatkan untuk menambah income kita. Karena itulah kita harus dapat memikirkan ide-ide bagaimana mengelola aset tersebut sehingga dapat meningkatkan income generate kampus kita. Dengan meningkatnya income maka kita dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada para stakeholder kita,” ujar Prof. Martina.

“Saat ini di FMIPA sedang dibangun sebuah Taman Eduwisata. Taman ini nantinya tidak hanya dapat digunakan untuk sarana Pendidikan tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat wisata masyarakat,” ungkap guru besar fisiologi UNIMED ini.

Wakil Rektor II Prof. Martina berharap dengan seluruh jajaran Wakil Dekan 2, Asisten Direktur 2, kabag setiap fakultas dan kabag setiap unit di lingkungan UNIMED yang mengikuti sosialisasi ini nantinya ketika sosialisasi ini selesai dapat memikirkan aset apa yang ada di fakultas dan unitnya yang dapat dioptimalkan untuk dimanfaatkan meningkatkan income generate UNIMED.

Maulina Fahmilita, M.Si., Psikolog. Dalam paparannya menyampaikan pengelolaan BMN dilakukan agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat. Hal tersebut perlu dilakukan untuk 1) Meningkatkan manfaat aset sehingga dapat menjadi penggerak perekonomian rakyat atau untuk memenuhi kebutuhan sosial masyarakat, 2) Meningkatkan PNBP, 3) Cost Efficiency dimana aset negara mampu memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana penyelenggaraan negara, 4) High and Best Use dimana aset negara dapat memberikan manfaat yang terbaik bagi negara.

Maulina juga menyampaikan UNIMED yang mempunyai banyak aset seperti Stadion, kolam renang, dan Gedung Serbaguna dapat dimanfaatkan untuk menambah income generate UNIMED. hal tersebut dapat dilakukan dengan cara disewakan seperti Gedung untuk digunakan acara pernikahan dan lainnya sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat. (Humas UNIMED/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW