Close

" The Character Building University "

UNIMED Siap Fasilitasi Mahasiswa Jadi Wirausahawan Muda Sukses

UNIMED melaksanakan kegiatan workshop nasional kewirausahaan dengan tema “Adaptasi Kewirausahaan di Era baru Masa Pandemi Covid 19” via aplikasi zoom , kamis (17/09). Kegiatan ini merupakan rangkaian awal dari kegiatan Bussiness Plan Competition Unimed 2020. Kegiatan ini mengundang Narasumber Dr. Misbah Fikrianto (Pusat Prestasi Nasional), Dr. Wisnu Dewobroro ( Podomoro University), Fahriz Tanjung (Owner Bumi Coffe) dan dihadiri Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga , ketua program studi dan seluruh fungsionaris di lingkungan Unimed. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rektor Unimed mengatakan Kegiatan workshop nasional kewirausahaan yang kita gelar ini merupakan rangkaian awal dari kegiatan Bussiness Plan Competition Unimed 2020. Unimed melalui Wakil Rektor 3 akan menggelar kompetisi wirausaha muda secara nasional, sebagai wadah para mahasiswa Unimed dan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi untuk mengembangkan kompetensi diri dalam berwirausaha. Unimed sejak 2019 telah membuka Program Studi Kewirausahaan sebagai upaya secara akademik untuk melahirkan usahawan dan interpreneer yang siap bersaing di dunia industri. Prodi Kewirausahaan FE Unimed telah bekerjasama dengan puluhan perusahaan dan dunia industri agar mendukung capaian yang ingin kita harapkan. Prodi ini telah mendesain kurikulum bahwa mahasiswa tidak bisa lulus dari Prodi ini jika belum memiliki bentuk wirausaha sendiri.

Lanjut Rektor Ada tiga tujuan pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi, Pertama: untuk membentuk karakter wirausaha mahasiswa berupa proses pengintegrasian antara hardskill dan softskill (knowledge, skill, personal quality: motivation, attitute, behaviour, traits, values) sehingga terbentuk kapasitas wirausaha. Kedua: mendorong tumbuhnya wirausaha muda berbasis keilmuan. Ketiga: mendorong pembentukan dan penguatan kelembagaan pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi. Lembaga ini dapat menggagas dan membangun pembinaan kewirausahaan yang berkesinambungan dengan sistem pengelolaan yang terencana, sistematis dan progresif serta bersinergi dengan program pembinaan kewirausahaan nasional. Melalui berbagai program di kampus Unimed, kita upayakan dengan kesungguhan agar mahasiswa Unimed mau dan terdorong menjadi pengusaha-pengusaha muda yang sukses. Sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru setelah tamat, tidak hanya bisa mencari pekerjaan yang memiliki persaingan cukup ketat.

Fahriz Tanjung menyampaikan Dalam situasi pandemic Covid-19 bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) menjadi alternatif yang disarankan oleh Pemerintah untuk mengurangi resiko terpapar virus Corona. Untuk itu pengusaha bisa mengatur tata kerja WFH dengan cara mengatur waktu yang tepat dan durasi kerja , mengatur tata cara kerja karyawan baik untuk pekerjaan yang harus dilakukan dilokasi usaha maupun pekerjaan yang dikerjakan dari rumah serta mengatur SOP agar produksi tetap berjalan sesuai keinginan dan mengutamakan prioritas.

Misbah Fikrianto mengatakan Sebaik apapun ide bisnis atau rencana bisnis yang kita miliki, jika tidak dijalankan atau dikerjakan maka tidak akan pernah menjadi usaha apalagi menjadi sukses, maka mulailah menjalankan usaha yang sudah direncanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan . Menjalankan suatu usaha hingga menjadi sukses, membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup pamjang serta kerja keras.

Wisnu Dewobroto Menyampaikan Ditengah pandemi Corona seperti ini , semua pengusaha perlu beradaptasi secepat mungkin salah satunya dengan cara membangun kekkuatan tim menjadi lebih solid dan memiliki tim yang solid maka segala beban kesulitan menjadi lebih ringan dan akan lebih mudah diatasi. (Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW