Close

" The Character Building University "

Dua Mahasiswa Tata Busana Unimed Raih Juara I dan II Lomba Kreasi Busana Muslim BI

Dua mahasiswi Prodi Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Unuversitas Negeri raih Juara I Tutut Wijayanti dan Juara II Qothrun Nada Ma’ruf Batubara dalam Lomba Kreasi Busana Muslim Menggunakan Kain Daerah dengan tema “Pesona Budaya Sumatera”. Lomba Festival Ekonomi Syariah 2020 ini diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Dengan pengumpulan sketsa pada 21 Agustus dan hasilnya diumumkan pada 4 September 2020.

Tutut yang meraih juara I dengan tema busana “Martarombo Street Style”. Terinspirasi dari etnis Batak Toba. Masyarakat Batak Toba yang sangat menjunjung tinggi kekerabatan dari marga, dalam tradisi Batak Toba terdapat istilah martarombo, yang bermakna mencari-cari hubungan saudara yang satu dengan lainnya. Dengan menggunakan bahan utama batik motif gorga yang mencerminkan unsur kekeluargaan, ketegasan dan keberanian masyarakatnya.

Sedangkan Nada yang meraih juara II dengan tema “The Deconstructive of Gordang Sambilan”. Terinspirasi dari gordang sambilan yang terdiri dari sembilan buah gendang yang tersusun berurutan dari yang terbesar hingga terkecil yang masing-masing memiliki panjang dan diameter yang saling berbeda. Dari ukuran gordang sambilan yang berbeda tersebut, perancang memvisualisasikan gradasi dan repetisi ke sembilan bentuk gordang sambilan tersebut ke dalam sebuah rancangan dekonstruktif yang menggunakan tenun Silungkang yang berasal dari Sipirok, Tapanuli Selatan.

Dekan FT Prof. Harun Sitompul, M.Pd., mengucapkan selamat kepada kedua mahasiswa Tutut dan Nada, “Saya sangat bangga ketika mendengar kabar ini, dimana kedua mahasiswa FT berhasil menoreh prestasi yang gemilang, dan merupakan kebanggaan kita bersama ditengah pandemi ini. Semoga dengan prestasi ini dapat mengenalkan dan mempertahankan budaya yang ada di Sumatera Utara khususnya dalam bidang fashion. Dan juga dengan memberikan stimulasi bagi mahasiswa lainnya untuk tetap produktif ditengah pandemi ini”. (Humas Unimed/bg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW