Close

" The Character Building University "

Prodi Pendidikan Musik Raih Akreditasi “A” Setelah Ikuti Visitasi Secara Virtual

Prodi Pendidikan Musik mendapat akreditasi A dari BAN-PT, setelah mengikuti visitasi secara daring sebelumnya pada 4-5 Agustus 2020, dengan asesor BAN-PT yakni Dr. Kiki Sukamta, M.Pd. (UPI) dan Dr. Andre Indrawan, M.Hum., M.Mus.St., L.Mus.A. (ISI Yogyakarta).

Visitasi dilakukan secara daring akibat Covid-19 yang mengharuskan visitasi dilakukan jarak jauh. Namun mekanisme dan polanya sama seperti biasa dan indikator yang sama, yakni 7 standar yang dikonfirmasi ulang oleh asesor BAN-PT kepada pimpinan universitas, pimpinan fakultas, dan Program Studi. Asesor BAN-PT melakukan sejumlah verifikasi dan pendalaman terkait borang akreditasi kedua prodi. Tim assesor juga bertemu dan berdiskusi dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni. Aspek yang di visit oleh asesor BAN-PT adalah 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum. mengucapkan Alhamdulilah kerja keras tim taskforce fakultas dan jurusan Sendratasik terbayar sudah dengan hasil akreditasi A untuk prodi Pendidikan Musik yang telah dikeluarkan BAN-PT secara online. Sebelumnya Pendidikan Tari juga mendapatkan akreditasi A dan Seni Pertunjukan mendapat akreditasi B, ini merupakan capaian kita bersama. Hal ini menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, kerjasama dengan pihak luar, bahkan meningkatkan kualitas dosen. Nilai akreditasi bagi suatu Prodi merupakan bentuk kebanggaan dan prestasi karena menjadi acuan pengakuan publik bahwa program studi tersebut terjamin mutu dan kualitasnya.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dikantornya juga mengucapkan selamat dan sukses atas perolehan nilai akreditasi A kepada Prodi Pendidikan Musik FBS Unimed. Kami pimpinan universitas mengucapkan selamat atas prestasi yang membanggakan ini. Sekaligus kami berharap prestasi ini dapat menjadi pemicu Prodi lain yang juga sedang dan akan mengikuti visitasi Prodi secara daring, semoga dapat terus meningkatkan mutu, layanan akademik dan prestasi lainnya di tingkat nasional dan internasional. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW