Close

" The Character Building University "

Perdana, Unimed Wisuda Daring 812 Lulusan

Untuk pertama sekali dalam sejarah, Universitas Negeri Medan melaksanakan Wisuda secara Daring dengan live Streaming Youtube di Ruang Sidang A Pusat Administrasi Unimed, Rabu (12/8). Pada Wisuda Daring periode ini, Universitas Negeri Medan mewisuda 812 wisudawan, yang berasal dari 104 Lulusan Program Pascasarjana, 34 Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 142 Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 74 Lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 128 Lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 64 Lulusan Fakultas Teknik, 66 Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan 200 Lulusan Fakultas Ekonomi yang dilantik oleh Rektor Unimed. Pada kesempatan tersebut, turut hadir Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor I Dr. Restu, MS., Wakil Rektor II Dr. Martina Restuati, M.Si., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Direktur Pascasarjana, Dekan se-lingkungan Unimed, Ketua LPPM dan Ketua LPPMP.

Adapun lulusan terbaik wisuda periode Agustus 2020, diantaranya : Ilham Syahputra dengan IPK 3,90 dari Prodi S-2 Antropologi Sosial Pascasarjana, Canra Wijaya Nasution dengan IPK 3,81 dari Prodi S-1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Yuriska Dewi dengan IPK 3,92 dari Prodi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Devi Juliani dengan IPK 3,95 dari Prodi S-1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Abdul Rasyid Fakhrun Gani dengan IPK 3,82 dari Prodi S-1 Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Siti Asmawati dengan IPK 3,84 dari Prodi S-1 Tata Boga Fakultas Teknik, Erlina Sihotang dengan IPK 3,24 dari Prodi D3- Teknik Sipil Fakultas Teknik, Rocky Charles Andreas Sihombing dengan IPK 3,85 dari Prodi S-1 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Yosiva Lufi dengan IPK 3,90 dari Prodi S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi.

Pada sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes. mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang berbahagia, “atas nama pribadi, pimpinan, dan seluruh sivitas akademika Unimed, kami mengucapkan selamat atas kelulusan Saudara dan gelar akademik yang Saudara raih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Ucapan selamat disampaikan kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga, yang telah mempercayakan pendidikan para wisudawan kepada Unimed. Semoga apa yang Saudara raih setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik di kampus yang kita banggakan ini, dapat menghantarkan Saudara ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan membahagiakan.”

Selanjutnya, Syamsul Gultom juga menyampaikan “permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada orang tua/wali dan para wisudawan, karena upacara Wisuda periode Agustus 2020 ini kita laksanakan secara Daring. Pelaksanaan Wisuda Daring ini sebenarnya sungguh tidak kita inginkan bersama, namun karena kondisi dan situasi Pandemi COVID-19 di negara kita yang belum memperbolehkan untuk mengadakan kegiatan apapun yang mengumpulkan banyak massa. Saya mengajak kepada kita semua, bahwa dibalik kegiatan Wisuda Daring kita ini, ada kepentingan yang lebih besar yakni kesehatan masyarakat untuk terhindar dari COVID-19 yang hingga saat ini belum reda. Semoga kita bersama dapat menerima dengan ikhlas dan sabar, dan Wisuda Daring yang kita laksanakan ini tetap hikmat dan bermakna bagi kita semua, terutama para wisudawan dan orang tua/wali.”

“Upacara wisuda bukanlah acara untuk menyatakan bahwa masa belajar Saudara telah berakhir, justru sebaliknya merupakan sebuah titik pangkal perjuangan yang baru dalam mengimplementasikan kemampuan yang sudah dimiliki selama studi di Unimed. Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh menjadi modal yang dapat memberikan kesempatan yang lebih besar kepada Saudara untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir untuk meraih masa depan yang cemerlang dan dapat membahagiakan orang tua dan keluarga. Di era pandemi Covid-19 saat ini, saudara para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging dan kemahiran dibidang IT. Semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan kita sudah berbasis IT, sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di negeri kita. Dengan berbagai aktivitas akademik yang saudara lalui di Unimed, yang telah membentuk saudara menjadi lulusan unggul yang memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai bidang ilmu yang saudara geluti. Namun kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri 4.0, agar saudara mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif. Masyarakat menaruh harapan yang cukup besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, maupun kinestetik yang menjadi sikap dan mentalitas para wisudawan.”

“Sebagai akhir pidato ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal kepada para wisudawan, bahwa apapun gelar akademik yang Saudara sandang, tentu saja membawa suatu kebahagian, kebanggaan, dan tanggung jawab tersendiri bagi Saudara. Oleh karena itu saya berpesan 1) Jagalah nama baik almamater (Unimed) yang telah membina dan membesarkan Saudara; 2) Tampilkan diri Saudara sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hard skill dan soft skill yang baik; 3) Tetap jalin komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed sebagai almamater Saudara dan sesama alumni di manapun Saudara berada; 4) Berikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatifsolutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan, bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat; 5) Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed; 6) Mari kita semua civitas akademika Unimed dan seluruh wisudawan, berkenan menjadi Duta dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di masyarakat,” ujar Rektor Unimed. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW