Close

" The Character Building University "

Prodi S2 Pend. Basindo PPs UNIMED Desiminasi Modul untuk Pembelajaran Daring di SMA

Acara diseminasi produk pembelajaran mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilaksanakan secara Daring oleh Prodi Magister Pendidikan bahasa Indonesia PPS Unimed pada Sabtu, 8 Agustus 2020 berjalan dengan baik dan lancar. Peserta yg mengikuti sebanyak 115 orang dari berbagai daerah. Jumlah peserta dan gambaran umum Modul Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia untuk SMA tersebut dilaporkan oleh Ketua Panitia, Nando Rimahorbo dalam sambutannya. Acara via zoom meeting ini dibuka oleh Wakil Direktur II Dr. Darwin, M.Pd. yang sekaligus memberi kata sambutan di acara pembukaan.

Dalam sambutan beliau mengatakan sangat mengapresiasi acara ini, sebagai wujud dari hasil penugasan yang dapat bermanfaat bagi khalayak umum dan menjadi sumbangsih kami Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia kepada masyarakat, terkhusus sekolah dan guru-guru bahasa Indonesia tingkat SMA sederajat dalam menerapkan pebelajaran daring bersama siswa. Produk pengembangan bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia untuk diajarkan dalam pembelajaran daring yang saat ini sudah menjadi suatu keharusan bagi kelangsungan di semua sekolah. Mau tidak mau, suka tidak suka, masa pandemi ini menuntut para guru dan dosen harus melakukan proses pembelajaran secara daring. Kita sangat bersyukur, Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia PPS Unimed telah menghasilkan sebuah roduk pembelajaran yang sangat dibutuhkan dan munkin sangat dinanti oleh para guru-guru saat ini.

Lanjut Dr. Darwin, Produk proses perkuliahan yang telah menghasilkan capaian yang luar biasa ini, kita berharap menjadi pemicu bagi Prodi lain, agar semua bidang studi di semua tingkatan, baik PAUD, SD, SMP dan SMA, kita Unimed dapat menghasilkan modul bahan ajar pembelajaran daring, sehingga capaian kita ini dapat dirasakan manfaatnya bagi para guru-guru di berbagai daerah yang sedang berjuang dalam melaksanakan pembelajaran daring. Sebenarnya esensi kita lembaga pendidikan tinggi harus melakukan pengabdian masyarakat, karena itu merupakan tuntutan bagi seorang dosen dalam memenuhi Tridharma Pergurua Tinggi. Salah satu wujudnya ya produk yang dihasilkan oleh Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia ini. Semoga produk ini terus diperbaiki untuk menuju kesempurnaan, dan bermanfaat maksimal bagi sekolah dan guru-guru.

Ka.Prodi Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Dr. Wisman Hadi, M.Hum, menyatakan rasa bahagiadan bersyukur karena acara diseminasi ini bisa menjadi motivasi bagi semua pihak, terutama bagi dosen dan mahasiswa. Ibu Dr. Surya Masniari selaku dosen kedua pengampu mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia tadi menyampaikan, bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia sedara Daring ini sebagai tugas project. Tugas project ini didasarkan pada hasil penugasan mini research mahasiswa yaitu dengan melakukan penelitian awal untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru di sekolah, terutama pembelajaran bahasa Indonesia secara daring.

Dr. Surya Masniari, juga menyampaikan bahwa modul yang didesiminasikan dalam seminar secara zoom meeting ini merupakan modul pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMA Kelas X, XI dan XII. Modul produk kita ini juga bisa dilihat dan dibeli di laman web http://pps.bahasaindonesiaunimed.com. Produk perkuliahan yang telah kami susun dan matangkan dalam beberapa pertemuan dengan tim ahli, agar produk ini benar-benar sudah matang konsepnya, dan akan berdampak positif atau membantu para guru-guru bahasa Indonesia ditingkat SMA sederajat. Dari hasil analisis tim kami, modul bahasa dan sastra Indonesia SMA untuk pembelajaran Daring ini akan merubah mindset kita semua agar, terkhusus guru bahasa Indonesia yang saat ini merasa sulit dalam menerapkan perkuliahan secara daring. Semoga produk ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, terkusus bagi guru-guru bahasa Indonesia tingkat SMA dimanapun berada. (Humas Unimed).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW