Close

" The Character Building University "

UNIMED Ikut Selenggaran Penyegaran Calon Dosen dan Guru Pamong PPG Dalam Jabatan Tahap II dan III

Unimed mengadakan kegiatan Penyegaran dan Asesmen Calon Dosen dan Guru Pamong PPG Dalam Jabatan Tahap II dan III Tahun 2020 pada (4/08) secara daring melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes., Ketua Panitia Nasional UKMPPG Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, seluruh Dekan Fakulas, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Fasilitator Dosen dan Guru Pamong serta calon dosen dan guru pamong PPG dalam jabatan angkatan II dan III tahun 2020.

Dalam sambutannya saat membuka acara Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes., menyampaikan Pelaksanaan Penyegaran dan Asesmen Calon Dosen Dan Guru Pamong PPG Dalam Jabatan dilakukan secara serentak di seluruh LPTK pelaksana PPG. “Penyegaran dan asesemen kali ini dilakukan secara daring, dikarenakan saat ini kita masih berada pada masa Pendemi Covid-19. kita sedang ditantang untuk berbuat yang lebih baik untuk pembenahan kualitas guru. Dewasa ini kompetensi guru masih menjadi permasalah krusial dan sangat perlu ditingkatkan. Dan itu menjadi satu tugas berat yang saat ini diemban LPTK termasuk Universitas Negeri Medan,” jelas Rektor.

Lanjut Rektor Unimed Dr. Syamsul berharap para calon instruktur dan guru pamong yang mengikuti penyegaran kelak dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik untuk menjaga marwah LPTK sebagai pencetak guru. “Mari kita meningkatkan kualitas kita melalui penyegaran ini. Pelaksanaan PPG tahun ini dilakukan secara daring. Tentunya seluruh yang terlibat dalam proses PPG ini harus mengerti dan memahami bagaimana proses PPG yang akan kita laksanakan. Hasil penyegaran instruktur dan guru pamong serta evaluasi tentang hasil tersebut (menyangkut kelemahan dan kekuatan dosen selama mengikuti penyegaran) didasarkan pada hasil refleksi yang dilakukan oleh fasilitator inti nasional nantinya,” tutup Rektor.

Laporannya Koordinator Pelaksana Dr. Abil Mansyur, M.Si mengatakan PPG Dalam Jabatan Angkatan II Tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus s/d 19 November 2020 untuk 7 bidang studi yaitu : Guru kelas PAUD/TK, Guru Kelas SD, PPKn, Teknik Otomotif, Bisnis dan Pemasaran, Akuntansi dan Keuangan, Perhotelan dan Jasa Pariwisata. Selanjutnya PPG Dalam Jabatan Angkatan III tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus s/d 27 November 2020 untuk lima bidang studi yaitu Guru kelas PAUD/TK, Guru Kelas SD, Bimbingan dan Konseling, Bisnis dan Pemasaran, Perhotelan dan Jasa Pariwisata.

Lanjut Dr. Abil, Keseluruhan tahapan PPG ini akan dilaksanakan didalam jaringan. Oleh karena itu dirasa perlu untuk melakukan pembekalan dan penyegaran bagi dosen dan guru pamong yang akan ditugaskan pada pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2020. Penyegaran bagi calon dosen dan guru pamong ini akan dilaksanakan pada tanggal 04 s/d 08 Juli Tahun 2020. Keseluruhan tahapan pelaksanaan penyegaran ini juga akan dilakukan dalam jaringan. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan penyegaran ini adalah 262 orang, 140 diantaranya adalah dosen dan 122 adalah guru pamong. Pada pelaksanaan penyegaran ini seluruh peserta nantinya akan difasilitasi oleh 32 orang fasilitator, 16 diantaranya adalah fasilitator dosen, dan 16 orang fasilitator guru pamong.

Ketua Panitia Nasional UKMPPG Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dalam arahannya mengatakan bagaimana alur pikir dari new PPG, bermula dari cara bagaimana kompetensi guru kita bangun menjadi guru yang professional. diperlukan ekstra kapasitas untuk menyediakan guru yang professional dalam jumlah yang cukup, sehingga peserta didik yang memasuki bangku sekolah tidak merasa diabaikan akibat layanan pendidikan dan pembelajaran yang buruk. Untuk itu guru nantinya dihapkan dapat memajukan generasi penerus bangsa, sehingga dapat mewujudkan generasi Indonesia emas 2045.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW