Close

" The Character Building University "

6 Prodi di Unimed Ikuti Visitasi secara Daring dari BAN-PT

Dalam minggu-minggu ini ada 5 (lima) Program Studi di lingkungan Unimed yang mengikuti visitasi secara daring dari BAN-PT. Diantaranya : 1) Prodi Pendidikan Bisnis FE, visitasi secara daringnya dilaksanakan pada 13-14 Juli 2020, dengan asesor BAN-PT yakni Prof. Dr. Rusdarti, M.Si. dan Dr. Idris, M.Si. 2). Prodi Biologi FMIPA, visitasi secara daring dilaksanakan pada 16-17 Juli 2020, dengan asesor BAN-PT yakni Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, M.Si, DEA. (Unsri) dan Prof. Dr. Mansyurdin, M.S. (Unand). 3) Prodi Seni Pertunjukan FBS, visitasi daringnya pada 20-21 Juli 2020, dengan asesor Ban-PT yakni Dr. Djuli Djatipambudi, M.Sn. (Unesa) dan Dr. Kiki Sukamta, M.Pd. (UPI), 4) Prodi Pendidikan Tari FBS, visitasi daringnya pada 22-23 Juli 2020, asesor BAN-PT, Dr. Djuli Djatipambudi, M.Sn. (Unesa) dan Dr. Kiki Sukamta, M.Pd. (UPI). 5) Prodi S3 Manajemen Pendidikan PPs, visitasi daringnya akan dilaksanakan pada 24-25 Juli 2020, dengan asesor BAN-PT yakni Prof. Dr. Lantip iat Prasojo, M.Pd. (UNY) dan Prof. Dr. Aan Komariah, M.Pd. (UPI). 6) Prodi Pendidikan Musik FBS, akan mengikuti visitasi secara daring pada 4-5 Agustus 2020, dengan asesor BAN-PT yakni Dr. Kiki Sukamta, M.Pd. (UPI) dan Dr. Andre Indrawan, M.Hum., M.Mus.St., L.Mus.A. (ISI Yogyakarta).

Walau visitasi dilakukan secara daring, akibat Covid-19 yang mengharuskan visitasi dilakukan secara online. Namun mekanisme dan polanya sama seperti biasa, karena indikatornya kan tetap sama, yakni 7 standar yang dikonfirmasi ulang oleh asesor BAN-PT kepada pimpinan universitas, pimpinan fakultas, dan Program Studi. Asesor BAN-PT melakukan sejumlah verifikasi dan pendalaman terkait borang akreditasi kedua prodi. Tim assesor juga bertemu dan berdiskusi dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni. Aspek yang di visit oleh asesor BAN-PT adalah 1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, 2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, 3) mahasiswa dan lulusan, 4) sumber daya manusia (dosen), 5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, 6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, 7) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Tim asesor melakukan konfrensi dan berdiskusi secara daring dengan mengajukan sejumlah pertanyaan seperti proses belajar mengajar (praktikum, penelitian dan sebagainya), penelitian yang terkait visi dan misi prodi, kemampuan lulusan dalam dunia kerja, dan lainnya. Kegiatan visitasi dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa fasilitas yang tersedia seperti perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium, sarana dan prasarana.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dikantornya mengatakan, kegiatan visitasi secara daring yang dalam minggu-minggu ini diikuti 6 Prodi di lingkungan Unimed, Insha Allah akan berjalan dengan aman, lancar dan mudah-mudahan hasilnya yang terbaik. Hingga saat ini kita telah menerima hasil visitasi secara daring yakni Prodi Biologi dengan hasil akreditasi A. Kita sangat berharap, semoga ke-6 Prodi yang telah dan akan mengikuti visitasi dari BAN-PT secara daring ini nantinya hasilnya juga yang terbaik yakni akreditasi A, atau Unggul.

Lanjut Dr. Syamsul, proses visitasi yang kita lakukan tidak seperti biasanya ini karena dampak dari kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir dan ketidakpastian tentang kapan akan membaik Covid ini. Seharusnya kegiatan asesment lapangan visitasi ke-6 Prodi kita laksanakan dengan tatap muka langsung visit kelapangan. Namun karena saat ini kondisi dan situasi yang belum memungkinkan untuk itu, maka kita laksanakan secara daring sesuai kebijakan BAN-PT. Semoga hal ini tidak mengurangi semangat dan kesungguhan kita, untuk tetap meningkatkan mutu dan daya saing, walau kita ikuti visitasi ini secara daring. Saya yakin, pimpinan fakultas, pimpinan PPs, tim taskforce dan fungsionaris jurusan/Prodi sudah mempersiapkan data dukung dan dokumen secara maksimal, untuk efektivitas proses asessment lapangan secara daring yang kita ikuti. Yakinlah jika kita persiapkan secara maksimal dan komitmen serta tanggungjawab secara penuh, saya yakin semua Prodi yang ikuti visitasi secara daring ini akan meraih hasil yang terbaik yakni A. Kami pimpinan universitas siap memberikan dukungan secara penuh agar harapan kita semua civitas akademika Unimed agar semua Prodi di Unimed ini meraih akreditasi A bisa kita wujudkan dengan baik, karena perolehan akreditasi terbaik ini, berdampak langsung terhadap keterpakaian lulusan di dunia kerja dan pengakuan publik terhadap mutu dan kualitas lulusan. (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW