Close

" The Character Building University "

Profesi Aktuaria, Peluang Kerja yang sangat Menjanjikan

Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Unimed melaksanakan Kuliah Umum Online dengan mengangkat tema “Perkembangan Kurikulum dan Regulasi Aktuaria di Era Industri 4.0” (15/06). Menghadirkan narasumber Wira Darmiza, S.Si., FSAI ( FSAI dari Persatuan Aktuaris Indonesia 2020), Sudianto Manullang, S.Si., M.Sc ( Dosen Aktuaria Unimed), Dedi Aprinaldy, S.Pd., M.Si (PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri Subsidiary DPP Pertamina, Central Jakarta).

Kuliah umum ini melibatkan para alumni dari jurusan Matematika sebagai narasumber. Tujuan dan target pencapaian berupa pengenalan tentang Profesi Aktuaris kepada para mahasiswa. Kegiatan ini dikemas oleh mahasiswa jurusan matematika dan KDBK bidang Statistika Jurusan Matematika Bapak Sudianto Manullang, S.Si., M.Sc.

Dekan FMIPA Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. mengatakan “kuliah umum secara online ini adalah kesekian kali dilaksanakan oleh FMIPA. Kegiatan ini merupakan tempat berbagi ilmu dan pengalaman secara online untuk mengembangkan prodi matematika kedepannya dan menjadi tantangan bagi pendidik untuk melakukan pembelajaran, menambah wawasan kita. Semoga kegiatan ini dapat berdampak positif dan bermanfaat bagi bidang studi matematika kedepannya.

Wira Narmiza sebagai narasumber dalam paparannya menyampaikan, “Aktuaria mempelajari bidang matematika yang juga sering disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Ilmu Aktuaria sendiri adalah ilmu tentang asuransi alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Di jurusan Aktuaria, akan mendapatkan mata kuliah-mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Lulusan Aktuaris umumnya bekerja di industri keuangan, seperti perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi umum, perusahaan asuransi kesehatan, dana pensiun, konsultan aktuaria dan investasi. Saat ini Aktuaris dibutuhkan dalam pengelolaan resiko yang memerlukan kemampuan analisa dan logika yang kuat. Untuk saat ini lapangan pekerjaan untuk aktuaris di Indonesia masih sangat tinggi dan menjanjikan.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW