Close

" The Character Building University "

Webinar Prodi Pend. Jerman FBS jadi Media Mahasiswa dan Alumni untuk Berkarir di Jerman

Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS Unimed gelar WEBINAR dengan tema “Program Ausbildung di Jerman” pada hari kamis tanggal 11 Juni 2020. Kegiatan WEBINAR ini menghadirkan 3 narasumber alumni dari Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNIMED yang sedang melaksanakan Program Ausbildung di Jerman, yaitu M. Sakban di bidang keperawatan khususnya panti jompo (Altenpfleger) di Pflegeheim), Edi Saputra Daulay di bidang Gastronomi (Restaurantsfachmann) di Göttingen dan Victor Antonius Sihombing bidang Masakan restoran (Koch) di Göttingen.
WEBINAR yang dibuka pukul 14.00 Wib oleh Dekan FBS Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum menggunakan aplikasi Cisco Webex Meeting. Jumlah peserta yang ikut gabung 260 orang yang terdiri dari dosen, mahasiswa, guru, serta siswa-siswa sekolah menengah (SMA/SMK) serta umum dari seluruh Indonesia (Medan, Jakarta, Surabaya, Jogyakarta, Manado, dan Denpasar). Acara ini terlaksana dengan dukungan dekanat, Jurusan Bahasa Asing, Prodi dan dosen-dosen. Kaprodi Pendidikan Bahasa Jerman, Hafniati, M.A yang berperan sebagai Moderator, Indah Aini, M.A sebagai Host yang juga alumni Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNIMED.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan informasi kepada Mahasiswa dan masyarakat luas yang ingin bekerja atau berkarir di Jerman, karena sejak 5 tahun terakhir pemerintah Jerman membutuhkan ribuan tenaga kerja untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Jerman. Program Ausbildung sendiri merupakan program magang yang ditawarkan oleh pemerintah Jerman selama 3 tahun di berbagai bidang terutama pada bidang Gastronomi dan Kesehatan. Melalui program Ausbildung ini sekaligus dapat menyeleksi tenaga kerja yang memang kompeten dan professional di bidangnya.
Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum, mengatakan dalam sambutannya mengatakan, saya sangat mengapresiasi kegiatan Webinar yang dilaksanakan oleh Prodi Pend. Bahasa Jerman, karena memiliki tujuan yang sangat bangus, yakni memberikan jembatan bagi alumni-alumninya dan masyarakat luas untuk bisa magang bekerja di Jerman. Tentunya setelah magang 3 bulan, pastinya peluang untuk bekerja tetap di Jerman terbuka lebar. Saya juga tau bahwa alumni Prodi Pend. Jerman dan Prodi Pend. Prancis kita sangat banyak yang bekerja di dua negara tersebut, dan ini merupakan prestasi bagi Prodi. Melalui Webinar ini saya terus mendorong agar Prodi bersama dosen-dosennya bisa terus melakukan upaya untuk menjadi media bagi para alumni bisa bekerja di Jerman dan Prancis, atau negara Eropa lainnya. Saya mengucapkan selamat berdiskusi via Webinar dan semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita bersama, terima kasih, tutup Dr. Abdurrahman.
Acara ini ditutup oleh WD1 FBS Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum pada pukul 16.30 WIB dengan harapan semoga para alumni tetap menjaga nama baik Almamater dan menjalin hubungan baik dengan Prodi sehingga acara seperti ini tetap dapat berlanjut dan dapat memotivasi mahasiswa yang lainnya. (Humas Unimed)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW