Close

" The Character Building University "

Kuliah Umum Online Geografi, Mengetahui Manfaat Pengindraan Jauh dalam Mengelola SDA

Berkembangnya teknologi dalam pendidikan membuat para Mahasiswa/i Universitas Negeri Medan Haus akan pengetahuan. Himbauan Pemerintah yang mensyaratkan kita tetap dirumah saja akibat bencana pandemi covid-19 tidak membuat pembelajaran berhenti begitu saja. Perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu solusi sebagai media proses belajara mengajar hingga dapat melaksanakan perkuliahan dengan tatap muka seperti biasanya. Berlakunya persyaratan tugas di Universitas Negeri Medan mengharuskan Mahasiswa/i melaksakan sebuah kegiatan kuliah umum yang merupakan salah satu pemenuhan bentuk kinerja tugas project yang telah disepakati.

Kuliah umum yang dilaksankan oleh tingkat semester 4 unimed terkait mata kuliah Penginderaan Jauh dan Citra mengangkat tema “Peningkatan Penggunaan IPTEK Penginderaan Jauh dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam”. Kuliah umum ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Google Meet (18/05/2020).

Pelaksanaan kuliah umum ini menghadirkan 2 narasumber yakni, Shafira Himayah, M.Sc. (Dosen Geografi UPI) dan M.S Roganda, S.Pd (Magister Remote Sensing UGM’19 dan Ketua HMP UGM). Peserta kuliah umum menghadirkan 104 orang yang terdiri dari Dosen dan mahasiswa/i di berbagai Indonesia seperti mahasiswa dari Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Manado, Universitas Lampung, Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, Universitas Brawijaya, serta instansi lainnya.

Dalam kuliah umum Shafira Himayah, M.Sc. menyampaiakan “Penginderaan jauh kita dapat manfaatkannya dalam bentuk program Sustainable Development Goals, yang pertama adalah menurunkan tingkat kemiskinan, kelaparan, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan yang berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan salinitas, energi bersih dan terjangkau, perkembangan ekonomi, renovasi dan inovasi infrastruktur, perbaikan pedesaan, komunitas dan berkelanjutan, produksi dan komsumsi yang bertanggung jawab, aksi perubahan iklim, ekosistem bawah laut, ekosistem darat, perdamaian keadilan instituwan, serta partisipasi kerjasama mencapai tujuan.(Humas UNIMED/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW