Close

" The Character Building University "

Mahasiswa Unimed Akan KKN di Kampung Masing-masing mulai Juli 2020

Lembaga Penilitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimed melaksanakan kegiatan Sosialisasi Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Mahsiswa Unimed Tahun 2020 secara daring, yang dilaksanakan pada 19 Mei 2020 via cisco webex. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Unimed Tahun 2020, Kegiatan Sosialisasi Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Mahsiswa Unimed Tahun 2020 secara daring ini dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M. Kes.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Senat Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dan Wakil Rektor I Unimed Dr. Restu, M.S, turut ikut serta dalam daringan Wakil Rektor II, III, dan IV Unimed, Dekan dan Direktur PPs, ketua lembaga dan dosen di lingkungan Unimed. Setelah kegiatan di buka oleh Rektor, acara dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dan Dr. Restu, M.S.

Dr. Syamsul Gultom, SKM., M. Kes. dalam sambutan mengatakan pelaksanaan Sosialisasi Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Mahasiswa Unimed Tahun 2020 yang kita laksanakan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi kepada kita semua, sehingga pelaksanaan KKN mahasiswa kita tahun ini dapat terlaksana dengan lancar, efektif dan sesuai target capaian yang kita inginkan.

Lebih Lanjut Dr. Syamsul menjelaskan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui kemitraan Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi.

“KKN merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa sejak diberlakukannya kurikulum KKNI di Unimed bagi mahasiswa S1 seluruh Program Studi Pendidikan dan Non Kependidikan. Sebagai mata kuliah, pelaksanaan KKN memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi diri melalui pembelajaran riil di masyarakat,” ujar Dr. Syamsul.

Dr. Syamsul mengatakan melalui interaksi mahasiswa dan masyarakat pada pelaksanaan KKN, akan diperoleh banyak wawasan, pengalaman, dan keterampilan dasar dalam pembentukan karakter mahasiswa.

“Saya berharap kita semua dapat bekerjasama dan merancang pelaksanaan KKN mahasiswa ini dengan sebaik-baiknya dan tetap berpedoman pada kaidah akademik dan protokol kesehatan, karena diperkirakan pada pelaksanaan KKN Juli nanti masih pada masa pandemi Covid-19,” tutup Rektor.

Ditempat terpisah Ketua LPPM Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd, mengatakan Insha Allah jika tidak ada halangan merintang KKN mahasiswa Unimed akan kita laksanakan mulai Juli 2020, karena kita diperkirakan masih pada masa pandemi Covid-19 maka pelaksanaan KKN tahun ini kita laksanakan di kampung atau daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa, serta harus mematuhi protokol kesehatan WHO. Tentunya pelaksanaan KKN ini nantinya harus tetap terkontrol dengan baik oleh dosen pembimbing lapangan dan LPPM. Walau bentuk kontrolnya nanti dalam bentuk jaringan dan media komunikasi lainnya. Kita berharap pelaksanaan KKN tahun ini walau dalam pandemi, dapat kita laksanakan dengan baik, efektif dan sesuai target yang kita harapkan. (Humas UNIMED/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW