Close

" The Character Building University "

Peran Pemetaan dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid 19

Bencana Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, telah mengubah hampir semua aktifitas kehidupan manusia, termasuk proses belajar mengajar yang sebelumnya umumnya dilakukan secara tatap muka, kini harus dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macam platform media online (daring).  Hal itulah yang mendorong mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan menggelar acara kuliah umum daring. Kuliah umum yang dilaksanakan mengangkat tema “Peran Pemetaan dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID 19”. Kuliah umum ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Google Meet (15/05/2020).

Kegiatan ini menghadirkan  3 orang narasumber yakni  Prof. Dr. Dewi Liesnoor Setyowati,M.Si (Ketua Program Studi S2/S3 Pendidikan IPS Universitas Negeri Semarang), Andi Irwan Benardi,S.Pd.,M.Pd (Dosen Universitas Negeri Semarang), dan Purwanto, S.Pd.,M.Si (Dosen Universitas Negeri Malang).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pewujudan project mahasiswa dari 6 bentuk penugasan yang wajib diselesaikan. Selain itu, kegiatan ini sekaligus untuk memberi wawasan baru bagi mahasiswa dalam rangka membangun dan mengembangkan jejaring  di luar kampus.

Peserta yang mengikuti kegiatan  ini sekitar 148 orang yang terdiri dari mahasiswa, guru, dan dosen yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti  mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang, guru-guru dari SMP N 2 Pakuniran Probolinggi Jawa Timur, SMP N 2 Bandar Lampung, SMPK N 1 Marancar Tapanuli Selatan, serta dari berbagai instansi lainnya.

Dekan FIS UNIMED Dra. Nurmala Berutu, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan “walaupun sekarang kita masih dalam  situasi Pandemi COVID – 19,  kita harus tetap produktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan perkuliahan meskipun harus berada di rumah. Hal ini tentunya sesuai dengan surat edaran rektor untuk melakukan seluruh kegiatan belajar mengajar dari rumah. Karena di era revolusi industry 4.0 sekarang hal tersebut tidak payah untuk dilakukan karena di era sekarang sudah tersedia berbagai platform teknologi untuk melakukan kegiatan belajar dari rumah seperti whaatsapp, youtube, zoom, webex, dan masih banyak lainnya. Semua teknologi tersebut dapat kita gunakan dengan gratis,”.

Lanjutnya Dekan FIS juga berharap kegiatan ini memberi motivasi, mengembangkan wawasan dan memunculkan ide-ide kreatif yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran secara nyata sehingga menghasilkan inovasi baru yang berguna untuk pengembangan diri ke depan.

“Pemetaan merupakan sesuatu yang penting di bidang geografi apalagi di masa pandemic COVID-19 ini. Seperti yang kita ketahui dengan pemetaanlah kita dapat mengetahui sebaran negara atau daerah-daerah di belahan bumi Indonesia mana yang terkena dampak COVID-19, tidak hanya itu pemetaan juga dapat dipakai pada pembelajaran online karena dengan pemetaan kita juga dapat mengetahui tingkat penerapan pembelajaran daring yang dilakukan perguruan tinggi, dan masih banyak guna pemetaan lainnya. Karena itu saya berharap seluruh mahasiswa untuk mengikuti dan mengarkan baik-baik kuliah umum ini,” tutup Dra. Nurmala Berutu, M.Pd.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW