Close

" The Character Building University "

Kuliah Daring FE Bahas Teknik Perekrutan Perusahaan Internasional di Era Modern

Fakultas Ekonomi menggelar Kuliah Daring Bersama Dosen Praktisi mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia dengan tema “ Effective Recruitment & Interview Technique” dengan Dosen Praktisi Khairil Hanan Lubis, S.Sos, CHRP Talent Acquisition PT. Teknologi Migo Indonesia, Jakarta. Kuliah yang dilaksanakan secara daring dari kediaman masing – masing, melalui aplikasi googlemeet atau dengan menyaksikan tayangan langsung di Youtube dengan tautan https://fe.unimed.in//streaming dan digelar pada Senin, (4/5).

Dekan FE Unimed, Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D, pada pembukaan menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Khairil Hanan Lubis, S.Sos, CHRP. (Talent Acquisition PT. Teknologi Migo Indonesia, Jakarta) atas kesediaannya sebagai Dosen Praktisi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Serta saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu fungsionaris di lingkungan FE Unimed. Bapak/Ibu dosen pengampu mata kuliah, serta mahasiswa yang dibanggakan. Perkuliahan kali ini dilakukan secara daring, namun sebelumnya perlu sadari dunia sedang di hadapkan dengan situasi yang sangat rumit, di satu sisi dunia mengalami revolusi industri 4.0 sementara disisi lain mengalami pandemik Covid-19. Revolusi industri mengarahkan menuju manusia lebih sejahtera, lebih mudah tekhnologi, dan sebagainya sementara disisi lain pandemik justru menurunkan tingkat perekonomian tetapi pada saat pandemi ini justru sekarang kita melakukan perkuliahan, pekerjaan dengan menggunakan teknologi yang sesungguhnya. Hal tersebut yang dituntut oleh revolusi industri 4.0.

Lanjutnya Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D juga mengatakan “Kuliah dengan Dosen Praktisi tentu sangat bagus, sangat didukung dan memang sangat kita butuhkan karena di satu sisi bisa menambah wawasan mahasiswa, bisa memberi warna pada situasi perkuliahan, dan ilmu-ilmu baru yang ada dilapangan juga bisa langsung disambungkan dengan ilmu yang kita ajarkan dikelas. Oleh karena itu, atas nama Pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, saya memberikan apresiasi dan terimakasih yang tulus kepada Bapak/Ibu Tim yang telah bersusah payah untuk mempersiapkan acara ini.”

Khairil Hanan dalam paparan materinya mengatakan Talent acquisition adalah gabungan antara rekrutmen dan seleksi. Beberapa perusahaan internasional dan di era modern sekarang melihat setiap individu sebagai sesuatu yang unik, setiap orang memiliki potensi dan bakatnya sendiri. Hal tersebut yang dimaksud talent dan yang direkrut adalah talent yang terbaik yang memang sesuai dengan pekerjaan yg di inginkan. Migo mulai berkembang di filipina, produk migo distribusi platform dari online ke offline. Tujuan Migo ingin menjembatani digital gap dengan orang yang masih kesulitan membeli paket data atau sanggup membeli tapi koneksi tidak begitu bagus. Dengan adanya migo walaupun tdk ada data atau paket internet tetapi tetap bisa akses konten. Dalam proses rekrutmen yg paling pertama adalah menentukan kriteria / posisi apa yg untuk dicari. Kriteria terbagi dua yg pertama hardskill seperti kemampuan komunikasi, dan yang kedua softskill seperti orang yang supel. Kedua Jobdescription kemudian memilih tekhnik yang tepat.(Humas Unimed/fg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW