Close

" The Character Building University "

Kuliah Umum FIS : Membangun Indonesia Maju Melalui Penguatan Nilai-nilai Pancasila

Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unimed menggelar kuliah umum dengan mengangkat tema “membangun sinergi penguatan nilai-nilai Pancasila dalam kebijakan pembangunan Indonesia maju” di Ruang Seminar Gedung Digital Library Unimed, Jumat (21/02). Kegiatan kuliah umum ini mengundang narasumber dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. Kuliah Umum ini dilaksanakan bertujuan untuk menambah wawasan mengenai nilai-nilai pancasila bagi bangsa Indonesia serta membahas mengenai isu-isu mengenai pancasila yang sedang berkembang saat ini.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor I Dr. Restu, M.S.. Turut hadir dalam kuliah umum ini Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan FIS, sejarawan, pengajar dan ahli filologi (filolog) Indonesia sekaligus Ketua Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial (PUSSIS) UNIMED Phil. Ichwan Azhari, Ketua Jurusan serta seluruh Dosen dan mahasiswa dilingkungan FIS Unimed.

Dr. Restu dalam acara pembukaan mengatakan”saat ini nilai pancasila semakin tergerus terutama pada generasi milenial, hal ini dikarenakan karena perkembangan teknologi dan juga karena masuknya ideologi-ideologi yang cenderung fundamental, karena itu saya berharap dengan diadakannya kuliah umum ini dapat menguatkan kembali nilai pancasila kita terutama bagi generasi milenial yakni mahasiswa. Selain menguatkan nilai-nilai pancasila didalam diri kita, kita juga harus dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila tersebut di kehidupan sehari-hari karena penerapan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan dari rasa cinta kita terhadap NKRI,”

Wakil Rektor I Bidang Akademik ini juga berpesan agar para mahasiswa mendengarkan dengan seksama kuliah umum yang diberikan oleh narasumber.”Pada kuliah umum ini kta menghadirkan langsung narasumber dari BPIP RI. karena itu saya berharap kepada seluruh peserta untuk mendengarkan baik-baik seluruh paparan yang diberikan dan setelah kuliah umum ini selesai seperti yang saya ingatkan tadi yaitu terpakanlah nilai-nilai pacasila di kehidupan, kampus, bangsa serta negara dengan begitu kita dapat mewujudkan Indonesia Maju,” tutup Dr. Restu

Dekan FIS Unimed Dra. Nurmala Berutu, M.Pd dalam sambutannya, mengatakan “kuliah umum ini perlu kita adakan guna untuk menambah wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air kita khususnya bagi mahasiswa FIS. Saya berharap seluruh mahasiswa yang hadir disini dapat mengikuti kuliah umum ini sampai selesai dan dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dari paparan narasumber terkait nilai-nilai Pancasila sehingga kalian nantinya dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari baik di kampus maupun di masyarakat. dengan menerapkan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari maka kita dapat membantu dalam mewujudkan Indonesia Maju”.

Acara Kuliah Umum berlangsung dengan meriah karena dimoderatori oleh Dr. Tapil Rambe, M.Si selaku Wakil Dekan I FIS bidang akademik. Tapil mengatakan, “Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mesti dipertahankan oleh segenap elemen bangsa ini. Jangan sampai Pancasila dan NKRI tergerus oleh ideologi yang mengancam keutuhan dan kedaulatan bangsa, karena itulah tujuan mengapa kita menggelar kuliah umum ini yaitu guna untuk menambah wawasan kebangsaan kita selaku masyarakat Indonesia yang berpegang teguh kepada dasar-dasar Pancasila”.

Dalam paparannya, Prof. Hariyono sendiri membahas tentang ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan. Ia mengatakan “Perlu penguatan nilai-nilai pancasila di generasi muda, sehingga nasionalisme terhadap Indonesia semakin kukuh. Jangan sampai generasi muda Indonesia ditaklukkan oleh ideologi yang cenderung liberal maupun ideologi yang fundamental (radikal-red)” ujarnya.(Humas Unimed/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW