Close

" The Character Building University "

Rektor : Mahasiswa Harus Terapkan 6 Pilar Karakter untuk Kembangkan Soft Skill

Universitas Negeri Medan menggelar workshop pengembangan karakter bagi mahasiswa pengurus organisasi mahasiswa (ORMAWA) atau yang lebih sering dikenal Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kegiatan tersebut diadakan di Ruang Convention Miyana Hotel Medan, 18/12/2019.

Kegiatan ini diikuti pegurus dan anggota senat mahasiswa (SEMA) yang terdiri dari 20 dari 41 orang, pengurus 12 UKM yang berjumlah 26 orang. Pada kegiatan pengembangan karakter Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., dan Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D. hadir sebagai narasumber.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes dalam arahannya mengajak Ormawa, untuk  terus berupaya membentuk dan menerapkan 6 pilar karakter dalam diri, karena sebagai tokoh mahasiswa harus menjadi tauladan bagi mahasiswa dikampus. Disamping itu Dr. Syamsul menekankan agar seluruh mahasiswa yang pendidik maupun nondik harus bisa mengenal, memahami dan menggunakan alat digital, karena di era revolusi industri 4.0 ini semua informasi bahkan kegiatan semuanya sudah menggunakan sistem digital.

“teknologi manusia semakin berkembang seiring berjalannya waktu sehingga negara-negara maju mulai melakukan perubahan. Salah satunya ialah melalui Society 5.0 yang digagas oleh Negara Jepang, konsep ini memungkinkan manusia untuk menerapkan ilmu berbasis teknologi seperti Artifical Inteligence, Robotik, Internet of Things, Augmented Reality, Virtual Reality, dan lainnya. Itulah mengapa kaliah harus mengerti dan menguasai IT karena jika tidak memahami mengenai IT maka kalian tidak akan dapat bersaing di era sekarang dan kalian akan menjadi orang-orang yang tersingkirkan,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan selain penguasaan IT, mahasiswa juga harus memiliki dan menguasai soft skill untuk dapat menunjang hard skill. Rektor mengatakan bahwa soft skill dapat didapatkan dengan menerapkan nilai karakter di dalam diri mahasiswa.”Untuk membentuk soft skill maka kalian harus dapat menerapkan 6 pilar karakter pada diri masing yaitu Disiplin, Keadilan, Kehormatan, Tanggung Jawab, Kepedulian dan Kewarganegaraan, jika kalian sudah dapat menerapkan keenam pilar tersebut maka saya jamin kalian sudah mendapatkan soft skill yang diperlukan untuk dunia kerja” jelas Rektor.

Terakhir, ia mengungkapkan bahwa seluruh pengurus senat mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa dilingkungan Unimed sesungguhnya sudah memiliki karakter yang unggul dan cerdas, karena mereka ini adalah orang-orang pilihan dari ± 24.000 mahasiswa Unimed. Mereka merupakan pilihan seluruh mahasiswa Unimed untuk menduduki sebagai pengurus senat mahasiswa dan pengurus UKM dilingkungan Unimed. Sudah selayaknyalah mereka harus menjadi contoh dalam sikap, perbuatan dan semangat belajar. Atas dasar itu kegiatan ini kita laksanakan untuk pengembangan karakter bagi mahasiswa ormawa.(Humas Unimed/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW