Close

" The Character Building University "

Ratusan Penguji PPG Samakan Persepsi Tentang Pelaksanaan UKIN dan UKMPPG

Sebanyak 293 peserta yang terdiri dari 131 dosen dan 162 guru mengikuti kegiatan “Penyamaan Persepsi Bagi Calon Penguji Uji Kinerja (UKIN) Uji Kinerja Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG)” yang dilaksanakan di Ruang Seminar Digital Library (18/12/2019).

Pelaksanaan workshop ini difasilitasi oleh panitia nasional dari Direktorat Penjaminan Mutu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Prof. Dr. Syawal Gultom., M.Pd., Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti., M.Si dan Nuludin. Turut hadir juga dalam kegiatan ini Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom., SKM., M.Kes, Seluruh Dekan dilingkungan Unimed, Kordinator PPG Dr. Abil Mansyur., M.Si, dan seluruh peserta workshop.

Dr. Syamsul Gutlom., SKM., M.Kes dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan “bapak/ibu dosen dan guru bahwa pelaksanaan PPG ini dilakukan dalam beberapa tahapan. salah satu tahapannya adalah UKIN dan UKMPPG. hal ini dilakukan agar nantinya lulusan PPG dapat menjadi seorang guru yang profesional sehingga dapat mencetak generasi-generasi yang unggul untuk membangun Indonesia.  Hal ini sesuai dengan tagline UNIMED yakni “Membangun Negeri dari Sekolah” karena negeri yang maju dapat dilihat dari sistem pendidikannnya dan yang pertama kali dilakukan untuk membangun pendidikan tentu dimulai dari sekolah. dari sekolah kita dapat menghasilkan generasi-genarasi emas yang akan mewujudkan Indonesia Maju. Itulah mengapa guru adalah pekerjaan mulia karena dari guru dapat dicetak generaasi-generasi tersebut karena itulah kompetensi seorang guru sangat diperlukan. kompetensi guru harus disesuaikan dengan perkembagan jaman, guru harus melek teknologi mereka harus paham dengan teknologi karena guru yang tidak mengenal teknologi tentu nantinya akan tergantikan. untuk itulah diadakan UKIN dan UKMPPG ini dengan ini kita dapat mengukur dan melihat kompetensi calon guru tersebut. Demikian kami berharap kepada para penguji agar dapat menyelesaikan setiap tahapan tersebut dengan baik dan menjadi sebuah kebaikan pada masa yang akan datang,”

Prof. Dr. Syawal Gultom., M.pd selaku fasilitator mengatakan Kegiatan persamaan persepsi calon penguji UKIN dilaksanakan dalam konteks kelas real dimana aspek yang dinilai berupa kemapuan mengembangkan perangkat pembelajaran, penampilan dalam proses pembelajaran serta penguasaan materi. Dimana nantinya pengujian dilakukan oleh dua penguji sehingga memungkinkan adanya perbedaan hasil penilaian. Dalam menilai PPG pada uji kinerja nantinya penguji akan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan oleh panitia nasional dan menggunakan aplikasi khusus yang penilaiannya dilakukan secara online.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW