Close

" The Character Building University "

Pentingnya Sertifikasi Profesi di Dunia Kerja

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Negeri Medan selenggarakan Sosialisasi Lembaga Sertifikasi Profesi bertempat di Ruang Sidang A Birorektor Unimed (17/12), Acara ini menghadirkan narasumber dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Ibu Dra. Inda Mapiliandari. Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor I Dr. Restu, MS. dan Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. Beserta Kajur, Kaprodi dan Dosen dilingkungan Unimed.

Dr. Restu, MS., menyampaikan pada pembukaan acara “Saat ini dunia telah memasuki era globalisasi dan pasar bebas, sertifikasi Profesi ini sifatnya wajib bagi semua lulusan Unimed. sehingga dibutuhkan SDM yang memiliki kompetensi dan mampu bersaing di pasar kerja.”

Drs. Hidir Efendi, M.Pd., sebagai ketua LPS Unimed menyampaikan, “Hal-hal yang disampaikan yaitu terkait keberadaan LSP Unimed yang baru saja resmi dibentuk pada bulan Oktober 2018, maksud dan tujuan didirikannya, bagaimana peran, serta letak kedudukan LSP di lingkungan Unimed. Pembentukan lembaga ini pun didasari atas pertimbangan untuk memberikan standar kompetensi kerja serta kemampuan, pengetahuan dan keterampilan kerja baik di lingkungan civitas akademik Unimed secara khusus maupun masyarakat luas secara umum.

Dr. Inda Mapiliandari, M.Si. dalam materinya menyampaikan bahwa SKKNI memiliki ketertelusuran dengan sistem industri sehingga standar kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan industri yang telah dirumuskan melalui konvensi secara nasional. Oleh karena itu SKKNI digunakan sebagai acuan dalam pendidikan dan sertifikasi profesi. Perguruan tinggi akan menerbitkan ijazah dan sertifikasi kompetensi diterbitkan oleh LSP yang merupakan kepanjangan tangan dari BNSP. Perguruan tinggi yang memiliki LSP harus memiliki indepensi yang kuat.

Lembaga pendidikan professional dalam melakukan penyusunan kurikulum harus mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Kompetensi lulusan harus memiliki standar kompetensi yang mencakup ketrampilan melaksanakan pekerjaan (task skill), keterampilan melaksanakan pekerjaan (task management skill), ketrampilan mengantisipasi kemungkinan (contigency manajement skill), ketrampilan mengelola lingkungan kerja (job/role enviroment skill), serta ketrampilan beradaptasi (transfer skill). (Humas Unimed/bg).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW