Close

" The Character Building University "

IC2RSE LPPM UNIMED Angkat Tema “Peran PT dalam Membangun Masyarakat Super Cerdas”

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPPM) menyelenggarakan Konferensi Internasional ke-3 tentang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (IC2RSE) 2019. Kegiatan yang digelar di ruang Florida JW Marriot Hotel Medan, 04/12/2019 ini mengangkat tema “Peran Pendidikan Tinggi dalam Membangun Masyarakat Super Cerdas. Memasukkan Inovasi yang Berpusat pada Manusia dalam Sistem Pembelajaran Menuju Masyarakat 5.0 Era”.

Konferensi Internasional ini di buka Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM.,M.Kes.turut hadir dalam acara Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor IV, Direktur Pascasarjana, Dekan FBS, FE, FIS, FT dan FMIPA, Ketua dan Sekretaris LPPM dan ratusan dosen dan peneliti dari Universitas Negeri Medan.

Dr. Syamsul Gultom, SKM.,M.Kes, dalam sambutannya di awali ucapan selamat datang kepada tiga narasumber dalam konferensi internasional ini, yaitu : Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., dari Unimed, kemudian Prof. Dr. Ahmad Zamzuri Bin Mohamad Ali dari Universitas Pendidikan Sultan Idris (Malaysia), dan Mr. Dr. Bala’zs Huska dari Universiti Brunei Darussalam (Brunei Darussalam).

“Ketiga pembicara ini nanti tidak hanya akan memberikan paparan materi yang kita harapkan akan menjadi pemantik bagi kita semua yang hadir agar kita terus meningkatkan peran dan fungsi kita untuk kemaslahatan masyarakat. Kita juga sangat berharap ketiga narasumber ini akan menjadi mitra strategis bagi UNIMED dalam menghadapi tantangan Era Society 5.0. Kita harus mengambil inisiatif yang baik untuk saling mengenal dan mulai mengeksplorasi apa yang dapat kita kembangkan di masa depan. Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik dan peneliti, kita tidak hanya terlibat proses pembelajaran di kampus dan sekolah, tapi kita juga harus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk ambil peran memberikan sumbangsih kita sebagai akademisi dalam memberikan bantuan dan tawaran yang solutif untuk menyelesaikan beban tantangan hidup masyarakat. Unimed harus hadir membantu menyelesaikan permasalahan rakyat melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat” ungkap Dr. Syamsul Gultom.

Lanjut Dr. Syamsul juga menyampaikan “masyarakat super cerdas merupakan terminologi baru dalam tipologi masyarakat, yaitu ‘Society 5.0’ atau dikenal ‘Masyarakat 5.0’. Tipologi kelima ini mewakili bentuk masyarakat ke-5 dalam sejarah manusia yang sebelumnya terdapat masyarakat berburu, bertani, industri, dan informasi. Masyarakat 5.0 merupakan masyarakat cerdas yang berjaringan dalam integrasi teknologi yang super cerdas. Masyarakat berjaringan semakin populer ketika Manuel Castell (2000) menuliskan pentingnya struktur sosial dan aktivitasnya dalam teknologi elektronik yang mampu memproses dan mengelola informasi. Apalagi, muncul logika jaringan bahwa masyarakat mampu memodifikasi kegiatan dan hasil, mulai proses produksi, pengalaman, kekuasaan, dan budaya,”.

Diakhir sambutannya, Rektor menyampaikan kepada semua penyaji, yang miliki wawasan dan temuan baru yang bagus. Mari kita hadirkan dalam wujud nyata dalam memberikan kemanfaatan kehadiran Unimed untuk peningkatan tarap hidup masyarakat dan daya saing bangsa.

Ketua LPPM UNIMED Dr. Kustoro Budiarta, ME, dalam sambutannya mengatakan bahwa konferensi internasional ini akan kita manfaatkan dalam membahas, merumuskan dan mensosialisasikan berbagai pemikiran, ide dan tindakan konkret untuk mengoptimalkan inovasi dalam sistem pembelajaran yang bergerak maju dari penerapan teknologi maju di era revolusi industri 4.0 ke era masyarakat 5.0 di lingkungan regional dan global. Kita berharap pertemuan baik ini akan menghasilkan gagasan baru dan solutif bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendiseminasikan hasil penelitian yang di jadikan sebagai salah satu luaran penelitian bagi dosen-dosen Unimed. Setelah acara pembukaan, paparan narasumber inti, akan dilanjuti dengan sesi parallel untuk mempersentasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan para dosen, demikian kata ketua panititia Andri Zainal, S.E., M.Si., Ak., Ph.D. (Humas Unimed/JS).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW