Close

" The Character Building University "

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Perkuat Karakter Islami Civitas UNIMED

Ribuan civitas akademika Unimed mengikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Auditorium Unimed (19/11). Acara ini diisi dengan tausiah oleh Al Ustadz Heri Siswan Sinaga, MA. dan diselingi dengan acara nasyid. Pada acara tersebut, turut hadir Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. beserta Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan Se-Lingkungan Unimed, Dosen dan Fungsionaris, Tenaga Kependidikan serta ribuan mahasiswa Unimed.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Dr. Hariadi, S.Pd., M.Kes, AIPO mengatakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2019, mengangkat tema “Dengan maulid Nabi , Meneladani Akhlak Sang Nabi, Membentuk Karakter Islami”. Tujuan acara ini adalah menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suritauladan dalam kehidupan sehari-hari, acara ini juga menjadi wadah silahturrahim dan pembelajaran islam, menanamkan kepribadian yang islami kepada civitas akademika Unimed sehingga menstimulus pekerjaan sesuai bidang masing-masing menjadi lebih maksimal, dan untuk mendorong civitas akademik unimed untuk mengamalkan sunatullah dan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes mengatakan “Peringatan Maulid Nabi ini adalah kita mampu meneladani karakter baik yang ada pada diri Rasulullah Muhammad SAW. Ada Empat karakter Rasulullah yang harus kita amalkan, yakni ; Siddiq (benar perkataan dan perbuatan), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (mampu menyampaikan kebaikan), dan Fathonah (cerdas). Jika keempat sifat Rasul ini kita miliki dan kita terapkan di kampus yang kita banggakan ini. Unimed ini pasti akan membanggakan bagi kita semua, Dosen dan pegawainya amanah dan bertanggungjawab dalam memberikan layanan akademik terbaik, serta mahasiswanya punya kegigihan dan motivasi belajar yang tinggi, tak kenal lelah dan tak pernah putus asa. Pasti ribuan prestasi akan kita capai dalam waktu dekat diberbagai event nasional dan internasional.”

Lanjut beliau, “Melalui pertemuan yang bernilai ibadah ini, saya mengajak kepada kita semua untuk mengambil manfaat dari acara ini. Mari mulai dari diri kita, dan mulai dari sekarang untuk bersama-sama meneladani sifat dan karakter Rasulullah. Serta berupayalah jadi orang yang bermanfaat baik bagi sesama, karena orang yang mulia di sisi Allah adalah orang yang bertaqwa dan orang yang mampu bermanfaat baik bagi manusia lain.”

Ustadz Heri Siswan Sinaga, MA. mengatakan “setiap muslim harus mencintai dan mengikuti suritauladan Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Karena ahlak Beliau adalah akhlak Al Qur’anul Karim. Setiap perbuatan dan perkataan yang Beliau lakukan merupakan tuntunan yang baik dan sesuai dengan Al Qur’an. Oleh karenanya, pedoman Umat Islam adalah Al Qur’an dan Hadist. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini mengingatkan kita kembali, untuk selalu bersalawat dan menjalankan sunnah Rasulullah. Salah satu kemuliaan Muhammad sehingga beliau patut dijadikan suritauladan adalah kepemimpinan yang amanah dan adil, sesuai perbuatan dan perkataannya, Selalu menyampaikan kebenaran dan kebaikan dan beliau seorang yang cerdas dan bijaksana.” (Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW