Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Inovasi Teknologi Kuliner Tradisional Kampung Melayu Menuju Desa Wisata

Di Indonesia trend kuliner bergerak begitu dinamis, masuknya kuliner-kuliner impor dari berbagai negara seperti china dan jepang sangat mengancam eksistensi kuliner tradisional asli indonesia. Begitu juga dengan kuliner tradisional suku Melayu jika tidak berinovasi dan berkreasi mengikuti tekhnologi dinamika perubahan yang terjadi sudah bisa di prediksi bahwa generasi selanjutnya akan melupakannya. Banyak pecinta kuliner yang lebih tertarik mencicipi hal yang baru dengan penampilan menarik dan rasa unik kuliner tradisional yang begitu-begitu saja rasanya dengan tampilan yang menurut generasi kekinian ala kadarnya, kurang berhasil memikat pasar yang di dominasi generasi milenial.

Untuk membuat perubahan seperti itu Dosen Unimed dari lintas Ilmu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melaksanakan pengabdian dengan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga yang ada di Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin dalam menginovasi kuliner tradisional. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 hari pada tanggal 22-23 Oktober 2019.

Kegiatan ini di buka oleh Ketua Pengabdian Ika Purnamasari S.Pd M.Si dan di dampingi oleh Mitra Lailatul Mardiah dan Narasumber Nurbaiti serta perwakilan LPPM unimed dan Anggota Tim Pengabdian masyarakat yakni Dra.Adikahrani M.Si, Amirhud Dalimunthe M.Kom dan dua orang mahasiswa Rivaldo Effendi dan Dini Fitria Astria.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 hari yakni di hari pertama pada tanggal 22 Oktober 2019 menjelaskan kegiatan ini kepada peserta bahwa mereka akan di berikan pelatihan dalam membuat sebuah inovasi teknologi kuliner tradisional baik dari segi bentuk dan rasa yang di sampaikan oleh ketua pengabdian Ika Purnamasari S.Pd M.Si. pada hari kedua tanggal 23 Oktober 2019 pelatihan membuat kuliner tradisional seperti kue kue tradisional yang berinovasi di bantu oleh mahasiswa yang membantu pelatihan tersebut.

Lailatul Mardiah selaku mitra dalam kegiatan pengabdian ini sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh dosen Unimed tersebut. Ibu ibu peserta merasa sangat senang dengan adanya pelatihan ini sehingga dengan adanya inovasi teknologi kuliner tersebut sehingga termotivasi kedepannya sehingga menumbuhkan rasa untuk mencintai dan mengembangkan kuliner tradisional yang sudah ada melalui inovasi teknologi.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW