Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Dampingi Perangkat Desa Merdeka dalam Pengelolaan Sistem Informasi Desa

Tim Pengabdian Universitas Negeri Medan (Unimed) pada tanggal 23 Oktober 2019 melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Merdeka, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo. Kegiatan ini merupakan program desa binaan dalam upaya pendampingan pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID) menuju Desa Online. Pendampingan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan perangkat Desa Merdeka dalam mengelola SID sebagai salah satu aplikasi pelayanan publik.

Dadang Mulyana selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa “informasi dan pelayanan publik tidak lepas dari penggunaan teknologi, maka dari itu perangkat desa harus belajar dan berlatih untuk memanfaatkan teknologi dalam tugas melayani informasi dan pelayanan administrasinya. Sesuai dengan perkembangan IT berbasis internet desa-desa akan terus dituntut untuk berbenas dalam melakukan pelayanan publik berbasis online. Hal ini sejalan dengan program kementerian desa dan program Kabupaten Karo menuju desa online. Melalui pemanfaatan internet profil desa, promosi keunggulan desa, serta pelayanan publik bagi masyarakat akan lebih cepat, tepat dan akurat. Oleh karena itu Tim dosen Unimed secara berkesinambungan akan terus memberikan pendampingan bagi perangkat desa untuk mengembangan SID di Desa Merdeka.

Disamping memberikan pendampingan, salah satu anggota tim pengabdian yaitu Ahmad Hidayat, selaku pakar IT menyampaikan pendampingan terhadap para perangkat desa agar mampu mengelola SID mulai dari pengelolaan profil, data desa, manajemen pelayanan publik hingga up date data desa sehingga data yang ditampilkan selalu terbaru. Dalam melakukan pendampingan, tim pelaksana menggunakan metode praktek langsung sehingga interkatif antara pendamping dengan perangkat desa berjalan secara langsung. Hal ini menjadikan proses pendamping berjalan lancar dan mudah dipraktekkan oleh perangkat desa.

Dalam mengapresiasi kegiatan pendampingan yang dilakukan tim pengabdian, Karius Surbakti, A.Md. selaku Kepada Desa Merdeka, menyampaikan dukungan dan tindak lanjut kegiatan ini melalui support dan motivasi terhadap perangkat desa untuk mengembangkan SID hingga terwujud Desa Merdeka sebagai Desa Online, bahkan beliu berjanji untuk menjadikan program pendampingan ini hingga benar-benar tercapainya pelayanan administrasi publik secara online dan dapat diaplikasikan oleh warga desa merdeka secara interkatif. Pada kesempatan pendampingan, kepala desa merdeka menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim pengabdian Unimed atas kerjasama yang telah terbangun dan berharap kerjasama akan terus berlanjut dalam pengembangan Desa Merdeka menjadi Desa Wisata, sehingga dapat memperkuat peran kerjasama dan sinergi antara desa dengan Unimed untuk mengatasi berbagai permasalahan masyarakat desa (Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW