Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Beri Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 21

Dosen Universitas Negeri Medan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam mengembangkan potensi guru SMA Negeri 21 Medan. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan mengembangkan potensi guru dengan memberikan pendampingan mengembangkan media pembelajaran berupa video yang dapat diunggah kedalam youtube.  Pendampingan ini mengenalkan internet, peramban Web & Situs Web, mencari dan mengunduh konten di internet, mengunggah dan mengunduh video konten pembelajaran dari youtube dan memanfaatkan media jejaring sosial sebagai sumber belajar.

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh lima dosen unimed lintas ilmu yakni Dr. Hesti Fibriasari, M.Hum selaku ketua pelaksana, beserta empat anggota Nurilam Harianja,S.Pd, M.Hum, Drs. Sriadhi, ST., M.Pd., M.Kom., P.hD, Fahmy Syahputra, S.Kom., M.Kom, dan Dr. Tengku Ratna Soraya, M.Pd.

“Pendampingan ini kami lakukan untuk menyahuti pendidikan era 4.0 yang menggambarkan berbagai cara untuk menggunakan cyber dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan di laboratorium multimedia untuk memberikan motivasi guru  dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menggunaan media pembelajaran. Laboratorium multimedia mempunyai peran yang penting dalam pengajaran karena dengan adanya laboratorium tersebut ketertarikan siswa pada pelajaran tersebut meningkat. Dengan demikian, fasilitas-fasilitas tersebut mendukung semua guru untuk dapat membuat media pembelajaran,” ujar ketua pelaksana Dr. Hesti.

Sriadhi selaku anggota mengatakan bahwa target luaran kegiatan pengabdian diantaranya Video pembelajaran yang berdurasi (1-2 menit) dan peningkatan penerapan IT di masyarakat. “Kegiatan yang dilakukan dengan melakukan bimbingan teknis pembuatan youtube,  pendampingan pembuatan materi pembelajaran, pendampingan pembuatan video pembelajaran di youtube,” ujar Sriadhi yang juga merupakan kaprodi PTIK UNIMED.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW