Close

" The Character Building University "

Dekan FIS UNIMED Tingkatkan Produktivitas UMKM Pisang Sale Desa Sidodadi

Tim Dosen Universitas Negeri Medan, melaksanakan salah satu tridharma perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat di Desa Sidodadi Ramunia, Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Oktober 2019.

Pemilihan usaha yang bergerak dibidang pisang sale ramunia di Desa Sidodadi Ramunia karena usaha ini belum memiliki branding dan packaging yang menarik, kurang mampu mengendorse produk dengan baik, seperti memanfaatkan pemasaran secara online, dan manajemen keuangan masih sangat sederhana dan belum professional, itulah alasan pemilihan lokasi pengabdian demikian disampaikan oleh Ketua Pelaksana Dra. Nurmala Berutu, M.Pd.

Untuk membantu penyelesaiaan permasalahan tersebut para Dosen Unimed yang terdiri dari Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, membantu penyelesaian masalah dalam pemberdayaan masyarakat, kemudian Dr. Zulkarnain Siregar, M.M, membantu menyelesaikan dalam pembukuan keuangan dan pemasaran, selanjutnya Drs. Dwi Budiwiwaramulja, M.Sn, membantu dalam menyelesaikan desain kemasan pisang sale.

Setelah dilaksanakan kegiatan pendampingan dan pelatihan oleh Tim dosen Unimed, kegiatan berikutnya menyerahkan peralatan berupa baskom stainless sebanyak 12 buah, sealer 30 senti meter dan palastik klip yang sudah mempunyai desain kemasan. Peralatan tersebut diserahkan kepada Mitra melalui Ibu Erwani yang didampingi oleh Camat Beringin Bapak Ayub, S,Sos., M.Si dan Kepala Desa  Sidodadi Ramunia Bapak Salamun dan disaksikan oleh Ibu Vivi sebagai Pendamping dari LPPM Unimed. Dengan adanya pendampingan dan penyerahan peralatan ini kiranya usaha pisang sale dapat lebih siap dan lebih percaya diri dalam pengelolaan manajemen usaha, akun toko online dan media sosial, serta buku laporan keuangan, demikain disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW