Close

" The Character Building University "

LPPM UNIMED Perkenalkan Media MUZAX dalam Pembelajaran Matematika SD

LPPM UNIMED melaksanakan Kegiatan Pendampingan Pemanfaatan MUZAX: Media Mutakhir Dalam Pembelajaran Berhitung Pada Jenjang SD di kota Tebing Tinggi yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2019 bertempat di SDS QURRATA A’YUN Kecamatan Rambutan kotaTebingtinggi.

Penanggung jawab kegiatan Dra. Eva Betty Simanjuntak, M.Pd menjelaskan dasar pelaksanaan Kegiatan Pendampingan Pemanfaatan MUZAX: Media Mutakhir dalam Pembelajaran Berhitung pada Jenjang SD di SDS QURRATA A’YUN Kecamatan Rambutan  kota Tebingtinggi adalah pemahaman konsep dan cara mengajar guru-guru pada mata pelajaran matematika masih sangat rendah. Sebagian besar guru terutama berdasarkan wawancara yang dilakukan di SDS QURRATA A’YUN mengatakan bahwa pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Selain itu media yang dapat dipergunakan untuk mengajarkan pelajaran matematika juga sangat terbatas. “Media MUZAX merupakan salah satu solusi yang dapat dipergunakan oleh guru sekolah dasar dalam membantu mempermudah pembelajaran berhitung bagi para siswa jenjang sekolah dasar,” jelas Eva.

Saat acara pihak LPPM UNIMED menyerahkan bantuan kepada SDS QURRATA A’YUN Media MUZAX yang diterima langsung oleh kepala sekolah SDS QURRATA A’YUN Yusnani Tambunan S.Pdi, M.Pd. Dalam kesempatan yang sama kepala sekolah SDS QURRATA mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada LPPM Universitas Negeri Medan yang sudah peduli dan berupaya membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran pada jenjang sekolah dasar. “Ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan bagi kami khususnya sekolah swasta yang ada di kota Tebingtinggi mendapatkan perhatian dan kepedulian dari pihak LPPM UNIMED, secara pribadi mewakili guru-guru SDS QURRATA A’YUN saya ucapkan  ribuan terima kasih” papar kepala sekolah.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta yang seluruhnya dalah guru-guru yang mengajar di SDS QURRATA A’YUN Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi. Adapun materi yang diberikan yakni bagaimana peran seorang guru dalam mengantisipasi kendala dalam proses pembelajaran matematuka khususnya pada jenjang sekolah dasar, dan bagaimana pemanfaatan media MUZAX dalam membantu mempermudah pemahaman siswa dalam pembelajaran berhitung pada jenjang sekolah dasar. Eva juga berharap melalui kegiatan ini diharapkan seluruh guru khususnya di SDS QURRATA A’YUN  dapat memanfaatkan media MUZAX tersebut dalam proses pembelajaran dan merangsang munculnya ide kreatif dari guru-guru dalam merancang media pembelajaran lainnya yang dapat membantu mempermudah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Salah seorang guru yang ikut sebagai peserta pada kegiatan ini menyatakan, kegiatan ini sangatlah besar manfaatnya bagi seorang guru terutama bagi guru-guru yang masih sangat banyak memerlukan informasi dan pengetahuan seperti dirinya. Melalui kegiatan ini seorang guru mampu belajar banyak hal terutama dalam perancangan media pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika yang selama ini belum pernah ia dapatkan. Diakhir kegiatan beliau sangat berterimakasih kepada pihak LPPM UNIMED karena telah melibatkan beliau dalam kegiatan dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi pada masa-masa yang akan datang.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW