Close

" The Character Building University "

FT UNIMED Beri Pelatihan Menyusun Buku Ajar Ber-ISBN

Dalam rangka meningkatkan mutu dosen, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan menggelar Kegiatan Penyusunan Buku Ajar Ber-ISBN. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik Unimed Lt. 2 (25/10). Dengan pemateri Ibu Dr. Surya Masniari Hutagalung, M.Pd. Turut hadir Dekan FT Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., Wakil Dekan I Dr. Hj. Rosnelli, M.Pd. dan Wakil Dekan II Dr. Eka Daryanto, M.T. Beserta dosen dosen Fakultas Teknik Unimed.

Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja dibuat guna mendukung dan mendorong para dosen untuk aktif dalam penulisan buku. Semoga dengan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh dosen Fakultas Teknik sehingga dapat meningkatkan nilai institusi di skala nasional.

Lanjut Prof. Dr. Harun Sitompul, kegiatan ini salah satu untuk meningkatkan kinerja sebuah fakultas di sebuah universitas yakni melalui penerbitan buku yang dilakukan oleh dosen-dosen fakultas teknik, semakin banyak jumlah publikasi buku-buku dari dosen tersebut maka semakin baik pula intitusi tersebut di dunia pendidikan tinggi. Penerbitan buku juga dapat membantu dosen untuk meningkatkan jabatan fungsional, sedangkan bagi mahasiswa tentu akan mempermudah mahasiswa memproleh ilmu dari dosen tersebut dalam proses pembelajaran di kelas.

Dr. Surya Masniari Hutagalung, M.Pd., Sebagai pemateri menyampaikan, “Ada beberapan cara dalam penyusunan buka ajar yang harus kita perhatikan yaitu mengidentifikasi kebutuhan dengan mewawancarai mahasiswa dan alumni. Kemudian kita ekplorasi kebutuhan tersebut dengan menelaah buku dan mencari informasi dari beberapa prodi lain yang berhubungan dengan buku yang kita susun”.

“Kita juga merealisasikan materi secara kontekstual dengan pengumpulan dan identifikasi materi juga konsultasi dengan ahli pembelajarannya. Merealisaikan secara pedagogik serta penyesuasian SK-KD, penyesuaian prinsip pendekatan komunikatifdan penyesuaian kebahasaan sehingga kita dapat mengembangkan draft untuk menjadi sebuah buku ajar yang ber ISBN”. Lanjut Dr. Surya Masniari Hutagalung (Humas Unimed/bg).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW