Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Bantu Tingkatkan Produksi UKM Kerupuk Jangek di Medan

Tim Dosen Unimed yang Terdiri dari Bisrul Hapis Tambunan ST.MT, Janter P Simanjuntak, ST.,MT.,Ph.D dan Dr.Teviana, SE.,M.Si. melaksanakan kegiatan pengabdian Masyarakat di kelurahan Denai kecamatan Medan Denai Kota Medan, Rabu 16/10-2019, sasaran dari kegiatan ini adalah UKM pengerajin kerupuk jangek milik Bapak Abdul Azis.

Dosen UNIMED memberikan bantuan sebuah mesin yang dipergunakan untuk mencuci kulit sapi. Mesin ini merupakan solusi dari masalah pencucian kulit yang selama ini dihadapi pengerajin.

Menurut Abdul azis , selama ini dia kesulitan mencuci kulit sapi karena ketiadaan alat, sehingga pencucian yang dilakukan selama ini dilakukan secara manual yaitu dengan menginjak-injak kulit sapi yang sudah dipotong dalam sebuah Bak sambil disiram air hal ini membuat pengrajin memerlukan tenaga yang banyak dan waktu yang lama.

Berdasarkan hal tersebut tim dosen Unimed merasakan bahwa hal yang dilakukan tersebut membuat kulit jadi tidak higienis dan memakan waktu dan tenaga yang besar, sehingga memperlambat proses produksi. “berangkat dari masalah tersebut kami tim mempunyai inisiatif dan ide untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan cara mendesain sebuah mesin yang dapat digunakan mitra untuk mencuci kulit sapi sehingga kulit sapi yang dicuci menjadi lebih hiegenis dan proses produksi juga dapat dipercepat,” ujar Bisrul.

Menurut penuturan Abdul Azis, dia sangat berterimakasih kepada tim Dosen Unimed karena bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat. “Produk saya menjadi lebih higienis dan prosesnya juga menjadi cepat,” ujarnya. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW