Close

" The Character Building University "

2 Prodi di Jurusan Basastrasia FBS Raih Akreditasi A BAN-PT

Medan  – Kabar membanggakan menghampiri civitas FBS UNIMED, Tepatnya Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Prodi Sastra Indonesia memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT dalam waktu berdekatan. Proses visitasi yang dilakukan oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dilaksanakan pada tanggal 13 September 2019 sedangkan Prodi Sastra Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2019 .

Dekan FBS Dr. Abdurrahman Adisaputra, M.Hum, setelah dapat kabar bahwa kedua Prodi di Jurusan Basastrasia meraih akreditasi A, merasa terharu dan bangga. Apalagi bagi Prodi Sastra Indonesia nilai A ini menjadi bersejarah karena untuk pertama kalinya raih akreditasi A. Semoga capaian ini memicu prodi lain di FBS untuk capai akreditasi A. Saya yakin semua prodi di FBS bisa raih akreditasi A.

Kajur Drs. Syamsul Arif, M.Pd. merasa sangat bersyukur dan alhamdulilah bangga dengan buah hasil kerja keras tim taskfoce kedua Prodi. Semoga kedepan kami bisa mempertahankannya.
Sementara Kaprodi Sastra Indonesia Dr. M. Oky Fardian Gafari, M.Hum, mengungkapkan bahwa meraih nilai akreditasi A dari BAN-PT bagi suatu program studi atau institusi pendidikan tinggi tidaklah mudah, berat, namun cukup sulit dan perlu kerja keras serta kebersamaan dan kekompakan seluruh civitas. Prosesnya cukup panjang, karena banyak indikator dan dokumen yang harus dipersiapkan. Dari mulai pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, dan penyediaan dokumen pendukung yang lengkap.

Bahkan dapat menjadi beban bagi suatu kampus apabila tidak dapat mempersiapkan dengan baik, Hal ini menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, kerjasama dengan pihak luar, bahkan meningkatkan kualitas dosen. Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fitriani Lubis, M.Pd, juga mengatakan “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah banyak membantu, berjalannya proses akreditasi, merupakan suatu kebanggan karena kedua prodi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia mendapatkan nilai A. Semoga nilai A ini dapat terus dipertahankan”.

Nilai akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk kebanggaan dan prestasi karena menjadi acuan pengakuan publik bahwa institusi atau program studi tersebut terjamin mutu dan kualitasnya. Yang melakukan visitasi dan mengeluarkan nilai akreditasi bagi seluruh institusi kampus dan program studi adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). BAN-PT merupakan lembaga independen dan profesional, yang memiliki asesor ahli dan pilihan dari semua ilmuwan di Indonesia.

Nilai akreditasi bagi kampus mencerminkan perguruan tinggi tersebut sehat, bermutu dan berkualitas, dilihat dari beberapa aspek, diantaranya ; a) memiliki visi, misi dan tujuan yang terukur, b) manajemen akademik berjalan efektif dan efisien, c) memiliki mahasiswa yang aktif, kreatif dan berprestasi, d) memiliki SDM dosen dan pegawai yang profesional, e) memiliki pendanaan yang baik, f) memiliki publikasi dosen yang tinggi, dan g) adanya kerjasama dengan stakeholders profesional yang berdampak pada daya saing lulusan. Kabar suka cita bagi civitas Unimed ini mendorong semangat baru bagi TIM AIPT Unimed yang sedang mempersiapkan proses untuk visitasi, evaluasi diri dan seluruh dokumen pendukung yang terkait. (Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW