Close

" The Character Building University "

UNIMED Beri Pembekalan untuk Persiapkan PPL PPG Dalam Jabatan Tahap V

UNIMED melaksanakan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dosen Pembimbing Lapangan, Guru Pamong dan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahap V tahun 2019 di Lantai IV Digilib Unimed (18/10). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Wakil Rektor I Dr. Restu., MS. Wakil Rektor II Dr. Martina Restuati, M.Si. Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D. Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi dilingkungan Unimed, Dosen Pembimbing Lapangan, Guru Pamong Sekolah Mitra PPG Unimed serta Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahap V Tahun 2019.
Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. dalam paparannya saat membuka acara menyampaikan untuk menjadi guru yang profesional tentu ada kompetensi, salah satunya kompetensi pedagodi yang intinya adalah how to learn bagaimana seorang guru bisa memahami strategi pembelajaran. PPL sebagai salah satu strategi meningkatkan profesionalisme tenaga pengajar, sehingga nantinya dalam melahirkan peserta didik yang berkualitas.
pelaksanaan pembelajaran sekarang ini berdiri di Revolusi Industri 4.0 dimana orientasinya memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada. Jadi, sumber belajar yang sudah rancang akan dimanfaatkan selama didalam pelaksanaan PPL.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan dari bulan 21 Oktober – 9 November 2019, setelah acara pemberangkatan ini, peserta PPL akan diantar oleh DPL ke sekolah mitra pada tanggal 19 Oktober 2019 serta pelaksanaan UKIN direncanakan tanggal 11-15 November 2019.
Ketua pelaksana program Drs. Jamalum Purba, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa setelah mengikuti pembelajaran dalam jaringan selama 12 minggu yaitu pendalaman materi pedagogik dan profesional serta pengembangan perangkat pembelajaran dan dinyatakan lulus, peserta PPG dalam jabatan V mengikuti workshop tatap muka selama 3 minggu. Kegiatan workshop tatap muka untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan saat pelaksanaan PPL di sekolah mitra. Sebelum melaksanakan PPL, Dosen Pembimbing Lapangan, Guru Pamong dan mahasiswa perlu mendapatkan pembelakan yang dilaksanakan pada hari ini.
Lanjut Drs. Jamalum, peserta PPL kali ini sebanyak 377 orang dari 7 prodi yaitu, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 54 peserta, Prodi pendidikan Bahasa Inggris 83 peserta, Prodi BK 24 peserta, Prodi PGSD 132 peserta, Prodi PAUD 38 peserta, Prodi PJKR 24 peserta dan Prodi Pendidikan PPKn 22 peserta. Pelaksanaan PPL pada 45 sekolah mitra meliputi 6 sekolah mitra PAUD, 22 sekolah mitra SD, 14 sekolah mitra SMP/MTs, 2 sekolah mitra SMA dan 1 sekolah mitra SMK. PPL tahap V melibatkan 129 Guru Pamong dan 57 Dosen Pembimbing.(Humas Unimed/dv)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW