Close

" The Character Building University "

Produk Furniture Kreasi Mahasiswa FT Unimed di Pamerkan USU

Unit Usaha Furnitur U2F Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (UNIMED) menggelar pameran furnitur berbasis budaya tradisional Sumatera Utara (Gorga Batak) di Kampus Universitas Sumatera Utara, 16-19 Oktober 2019, yang diselenggarakan panitia dalam rangka Lustrum XII FT USU. Produk yang dipamerkan merupakan hasil karya mahasiswa dan dosen yang tergabung dalam Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) yang dikembangkan di Workshop Kayu FT UNIMED. Pameran ini dihadiri Gubernur Sumatera Utara dan mengapresiasi produk yang dipamerkan.

Program PPUPIK merupakan program pengembangan yang bertujuan mempercepat proses pengembangan budaya kewirausahaan di perguruan tinggi, membantu menciptakan akses bagi terciptanya wirausaha baru, menunjang otonomi kampus perguruan tinggi melalui perolehan pendapatan mandiri atau bermitra, memberikan kesempatan dan pengalaman kerja kepada mahasiswa, mendorong berkembangnya budaya pemanfaatan hasil riset perguruan tinggi bagi masyarakat, dan membina kerjasama dengan sektor swasta termasuk pihak industri, dan sektor pemasaran.

Program ini merupakan hibah Pengabdian Kepada Masyarakat tahun ke-2 yang diperoleh dengan persaingan ketat, yang dipimpin oleh Ketua Pelaksana Program PPUPIK Dr. Nathanael Sitanggang, S.T., M.Pd., IPM., dan anggota Dr. Ir. Putri Lynna A. Luthan, M.Sc., IPM., Choms Gary Ganda Tua Sibarani, SE., SPd., M.Si., serta pendamping program dari LPPM UNIMED Sadlik, S.Pd.

Produk yang dipamerkan, antara lain: Lemari Pakaian dengan “Gorga Boraspati.” Ukiran Cicak menghadap 4 adop-adop sebagai simbol kesucian, kesetiaan, kesejahteraan, dan kesuburan. Filosofi hidup Cicak mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Cicak dapat hidup di dinding, di atap, atau dimana saja dalam suatu rumah. Oleh karena itu, leluhur bangso Batak mengharapkan generasi penerusnya mampu menyesuaikan diri di daerah perantauan. Kursi tamu dengan “Gorga Ulu Paung” menggunakan motif tanduk kerbau. Kerbau bagi masyarakat Batak Toba lazim disebut “Gajah Toba.” Gorga Ulu Paung adalah sebagai simbol kejayaan, kekuatan, kebenaran, kesabaran, dan penangkal roh jahat.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., sangat mengapresiasi kegiatan ini, “Semoga kegiatan ini meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan mahasiswa, terus berusaha untuk memberikan pendidikan yang mengedepankan penguasaan pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan negara, serta mampu meningkatkan daya saing globaljuga mendukung kolaborasi dan partisipasi dunia industri dalam upaya memperkenalkan inovasi dan teknologi yang dalam terapannya diharapkan dapat berguna bagi masyarakat. Dan melalui program PPUPIK ini dapat menginspirasi para dosen dan mahasiswa untuk berinovasi dibidang teknologi dan industri kreatif”.

Tim PPUPIK UNIMED menyampaikan “Terimakasih kepada DRPM Kemenristekdikti, Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. beserta segenap pimpinan, dan Panitia Lustrum XII FT USU tahun 2019, serta kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Kegiatan pameran ini didukung sepenuhnya Ketua LPPM UNIMED Dr. Kustoro Budiarta, M.E., dan Dekan FT UNIMED Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd.” (Humas Unimed/bg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW