Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Tingkatkan Kompetensi Guru SD Bandar Setia dalam Pembelajaran Berbasis HOTS

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah mengatakan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 bahwa pelaksanaan pembelajaran harus beroritentasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking Skills). Maka untuk meningkatkan Kompetensi guru-guru untuk menyusun perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian autentik berbasis HOTS tiga orang dosen Universitas Negeri Medan melalui LPPM UNIMED mengadakan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan penguatan kompetensi guru dalam penilaian  autentik berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Kegiatan pendampingan ini dilakukan di SDN 101766 Bandar Setia kabupaten Deli Serdang tepatnya pada tanggal 11 Oktober 2019.

Ketiga dosen UNIMED yang mengadakan pendampingan ini yakni Lala Jelita Ananda, S.Pd., M.Pd selaku ketua, .Fahrurrozi, S.Pd., M.Pd. selaku anggota dan Didi Febrian, S.Si., M.Sc. yang juga merupakan anggota.

Saat diwawancarai di kantor Humas Unimed (15/10/2019) Lala menjelaskan bahwa peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru SDN 101766 Bandar Setia yang berjumlah 29 orang. “Pada kegiatan ini dilakukan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian autentik berbasis HOTS ((Higher Order Thinking Skills) dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian autentik berbasis HOTS yang selanjutnya diharapkan akan berdampak pada kualitas pembelajaran di dalam kelas dan kualitas peserta didik yang dihasilkan,” terang Lala kepada Humas Unimed.

Salah satu anggota Fahrurrozi juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam dua metode yaitu pendampingan dan simulasi pembelajaran. Pada metode pendampingan, para guru diberikan materi tentang pedoman penerapan pembelajaran dan penilaian autentik berbasis HOTS. Sementara pada metode simulasi, para guru dilatih untuk melaksanakan secara langsung pembelajaran tersebut di dalam kelas. Dari kegiatan ini dihasilkan buku kumpulan perangkat pembelajaran dan penilaian autentik berbasis HOTS, dan video implementasi pembelajaran berbasis HOTS di sekolah dasar yang langsung diperankan oleh salah seorang peserta pelatihan.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW