Close

" The Character Building University "

Tim Dosen UNIMED Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Pantai Gading

Tim dosen Unimed yang terdiri dari Sutrisno, S.T., M.T. dan Indra Koto, S.T., M.Eng. dibantu dua orang mahasiswa yaitu Jefri Suranta Purba dan Alwen Juiver Siregar serta sebagai tenaga ahli dalam pelatihan penggunaan dan perawatan alat Ir. Batumahadi Siregar, M.T. melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelaksanaan penyuluhan, pelatihan, dan peyerahan alat Pakan Ikan Nila kapasitas 25 kg/jam.

Sutrisno mengatakan bahwa Tujuan dari kegiatan ini adalah: 1) Memberi Penyuluhan, sosialisasi dan pelatihan ketrampilan bagi kelompok mitra tentang proses produksi pellet pakan ikan nila dengan memanfaatkan sumber bahan baku yang sangat banyak ketersediaannya di Desa Sejanggang, berupa Jagung, singkong, dan lainnya, 2) Memberikan dengan meyerahkan langsung kepada ketua kelompok seperangkat mesin produksi pellet pakan ikan nila kapasitas 25 kg/jam, dan 3) Memberikan latihan bagi kelompok mitra mengenai cara perawatan alat agar dapat dicapai keberlangsungan proses sesaui dengan harapan semua pihak.

“Harapan kami sebagai tim pelaksana dengan adanya kegiatan PKM ini masyarakat Desa Pantai Gading yang menjadi sentra budidaya ikan tawar, khususnya mitra kelompok budi daya ikan nila, ada peningkatan ketrampilan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia cukup banyak menjadi produk pellet pakan ikan nila dengan kualitas yang baik melalui inovasi TTG. Mitra memahami manajemen usaha walaupun masih memiliki keterbatasan pengetahuan tentang menghasilkan pellet pakan ikan sendiri sehingga mitra termotivasi membuka usaha baru, meningkatnya penghasilan mitra, terwujudnya mimpi mitra menjadi masyarakat yang sejahtera dan mandiri secara ekonomi,” ujarnya.

Masyarakat Desa Pantai Gading Drs. Fajar Sidik selaku ketua kelompok mitra, menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih atas kontribusi Unimed melalui para dosen, mahasiswa, tim ahli, dan pendamping yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Patai Gading. Berbekal sosialisasi, penyuluhan,  dan pelatihan produksi pellet pakan ikan nila melalui proses TTG dan menyerahkan seperangkat alat produksi pellet pakan ikan nila.

“dengan alat ini kami akan dapat meningkatkan produktivitas budidaya ikan nila dengan produksi pellet pakan ikan nila dengan memanfaatkan potensi sumber daya daerah yang tersedia cukup banyak”. Masyarakat mitra juga sangat senang dengan kehadiran tim dosen Unimed dalam kegiatan PKM dan berharap adanya keberlanjutan kegiatan dari Tim Pengabdian Masyarakat Unimed. Tim Unimed dalam berbagi ilmu agar menambah wawasan dan ketrampilan masyarakat Desa Pantai Gading. Harapan masyarakat Desa Pantai Gading kepada Unimed semoga semua kegiatan Tri Dharma dari para dosen Unimed akan terus bermanfaat bagi masyarakat luas,’ terangnya.

Kegiatan penyerahan alat pembuat pakan ikan ini dihadiri oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) kecamatan Sejanggang yaitu Bapak Setio Widayat, S.Kom. beserta beberapa anggota BPD lainnya dan Kabag TU LPPM Sadlik, S.T.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW