Close

" The Character Building University "

Dosen UNIMED Tingkatkan Kemampuan Guru PJOK di Kabupaten Deli Serdang

Penambahan wawasan mengenai keberbakatan olahraga sangat penting bagi para guru PJOK, hal ini diperlukan agar bisa mengetahui/mendeteksi bakat para anak didik di sekolah sehingga dapat mengetahui di bidang olahraga mana mereka yang berbakat. Untuk mewujudkan hal tersebut tim Dosen FIK Universitas Negeri Medan yang terdiri dari Dr. Indrakasih.M.Or., Dr. Suprayitno., M.Pd., dan Syaipul Ambri Damanik.M.Pd lewat program Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan kegiatan pendampingan pemanduan bakat olahraga pada ikatan sarjana olahraga kabupaten Deliserdang.

Selaku Ketua Tim Dr. Indrakasih menjelaskan bahwa pendampingan dan pelatihan pemanduan bakat pada ISORI sebagai mitra, adalah sebagai penambahan pengetahuan tentang tes pemanduan dan pengembangan keberbakatan olahraga, tatalaksana melakukan tes serta keamanannya dan cara pengolahan data tes. Yang harapannya kedepan mitra harus mampu melakukan keterampilan tes pemanduan dan pengembangan keberbakatan olahraga dengan baik.

“Metode pendekatan yang ditawarkan bagi realisasi program PKM ini adalah model pemberdayaan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Tahap Persiapan; 2) Tahap Assesment; 3) Tahap Perencanaan Alternatif Program atau Kegiatan; 4) Tahap Pemformulasian Rencana Aksi; 5) Tahap Pelaksanaan (Implementasi) Program atau Kegiatan; 6) Tahap Evaluasi; serta 7) Tahap Terminasi,” jelas Dosen PJKR ini.

Dr. Suprayitno juga turut menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini diprogramkan selama 1 bulan yang dimulai dari pemetaan tentang pengetahuan guru-guru pjok, pemetaan siswa sebagai sampel, penyediaan alat tes, pelaksanaan pelatihan, pelaksanaan worksop, pendampingan pelaksanaan pengambilan data dan pengelohan data. “Pada tahap akhir kita akan keberhasilan dari kegiatan yang telah dilaksanakan yang diindikasikan dengan kemampuan mitra dalam tatalaksana tes pemanduan dan pengembangan keberbakatan olahraga,” ungkapnya.

Suprayitno juga menjelaskan bahwa diakhir dari kegiatan ini bagi peserta/mitra yang dianggap kompoten/telah menguasai semua materi akan mendapat sertifikat. (Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW