Close

" The Character Building University "

UNIMED Perkenalkan Budaya SUMUT pada Mahasiswa PERMATA SAKTI dan Darmasiswa RI

Unimed memfasilitasi mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit Dengan Teknologi Informasi (Permata Sakti) dan 2 Mahasiswa Darmasiswa RI mengikuti sosialisasi budaya dan pariwisata di Kab. Samosir.

Sebanyak 12 Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit Dengan Teknologi Informasi (Permata Sakti) dan 2 Mahasiswa Darmasiswa RI didampingi oleh staf wakil rektor IV untuk mengikuti sosialisasi budaya di Kab. Samosir pada 24-26 September 2019. Rombongan Unimed mengikuti sosialisasi budaya yang bekerjasama dengan pemkab Samosir. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Kab. Samosir dan disambut hangat oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga dan PLH Kepala Dinas Pariwisata.

Mewakili Wakil Rektor IV Unimed, Winsyah Putra Ritonga, M.Si. (staf ahli WR IV) mengatakan maksud dan tujuan kedatangan kami untuk memperkenalkan budaya dan pariwisata yang ada di Sumatera Utara kepada Mahasiswa Permata Sakti dan Darmasiswa RI. Kami melihat Danau Toba menjadi destinasi unggulan baik pariwisata dan kebudayaan, maka kami mengunjungi samosir. Setiap tahun, kami lakukan kunjungan ke samosir untuk mengembangkan potensi pariwisata dan menambah pengunjung pariwisata ke Samosir. Salam Rektor dan pimpinan Unimed kepada Bupati Samosir dan jajarannya.

Mewakili Bupati Samosir, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Drs. Gomgom Naibaho, MM mengatakan “saya merasa bangga dan respek sekali jika ada kunjungan Unimed. Apalagi dalam kunjungan kebudayaan, tentu kami sangat terbuka. Kebudayaan di Samosir sangat original dan kental dengan budaya Batak. Di samosir ada 5 museum batak,ada di pangguguran, sialagan, tomok, batu hobon dan nainggolan. Dinas kebudayaan Samosir tahun 2017, kita memiliki 47 sanggar tari dan 12 sanggar yang sudah memiliki akte. Beberapa tempat budaya yang bisa dikunjungi, ada makam sidabutar, batu hobon, batu sialagan, geopark kaldera, perkampungan sihotang, dan lainnya.”

Lanjutnya, “Asal muasal orang batak itu ada di Samosir, tepatnya di kec. sianjur mula-mula (gunung pusuk buhit). Selama 3 tahun bertugas, samosir yang memiliki budaya yg unik. Ada banyak kuburan batu, penumbuk padi (lesung) dari batu, rumah adat batak dan masih asli masih banyak ditemui di Samosir, dan lainnya dapat dijumpai di museum. Kami atas nama Bupati Samosir mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa dan rombongan Unimed, selamat menikmati keindahan alam yang ada di Samosir, semoga dapat memberikan kesan baik dan pengalaman yang berharga,” ujar Naibaho.
(Humas Unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW