Close

" The Character Building University "

Dosen Unimed Latih Petani Aek Sipitudai Sianjurmulamula Mengolah Limbah jadi Pupuk

Tim dosen Unimed yang terdiri dari Dr.Ir. Nurfajriani, M.Si. Dr. Nurdin Bukit, M.Si dan Drs. Lazuardi, M.Si, melalui kegiatan PKM melaksanakan kegiatan sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan dalam pengolahan limbah organik dan kotoran ternak menjadi pupuk kompos pada 12 Agustus 2019 di Desa Aek Sipitudai, Kecamatan Sianjurmulamula, Kabupaten Samosir.

Ada dua mitra kelompok tani yang terlibat dalam kegiatan PKM ini yaitu: Kelompok Tani Dalito (Ketua Bapak Panal M Sagala) dan Kelompok Tani Anak Manjae (Ketua Bapak Saut Limbong) yang sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, Bapak Kepala Desa (Bapak Jenri Limbong), Pendamping dari LPM (Ibu Rita) serta Dosen dan Mahasiswa Unimed. Sedangkan objek umum adalah masyarakat di Desa Aek Sipitudai. Dalam kegiatan PKM ini, Tim Pelaksana kegiatan Pengabdian Dosen Unimed juga menyerahkan seperangkat mesin pencacah limbah organik kepada kelompok mitra.

Tujuan dari kegiatan ini adalah : (1) Memberi Penyuluhan, sosialisasi dan pelatihan ketrampilan bagi kelompok mitra tentang proses pengolahan limbah jerami padi, limbah kulit kopi dan kotoran ternak menjadi pupuk organik melalui penerapan teknologi tepat guna, penyuluhan penggunaan pupuk organik serta unsur hara dan manfaatnya bagi tanaman (2) Memberikan seperangkat peralatan pencacah/pencampur limbah organik untuk proses pembuatan pupuk organik (3) Memberi Penyuluhan bagi kelompok mitra mengenai cara pengemasan yang baik dan manajemen usaha sederhana, sekaligus memberi motivasi, pendampingan dan pembinaan untuk keberlanjutan produksi dan pemasaran produk pupuk organik agar terbentuk kelompok masyarakat yang sejahtera serta mandiri secara ekonomi. dan pada akhirnya akan menjadi contoh dan pembina bagi kelompok tani sekitarnya

Dr. Ir. Nurfajriani, M.Si. sebagai ketua Tim PKM, dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada LPPM Unimed atas dukungan dan kesempatan kepada tim kami untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, serta ucapan terimakasih kami kepada Dosen dan mahasiswa Unimed yang ikut mendukung. Kepala Desa Aek Sipitudai Bapak Jenri Limbong, Ketua dan anggota kelompok tani Dalito, ketua beserta anggota kelompok tani Anak manjae, serta masyarakat yang terlibat dalam sosialisasi dan pelatihan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bagi dosen merupakan bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan. Melalui kegiatan PKM ini tim pelaksana dapat memberikan kontribusi langsung dan nyata kepada masyarakat dalam peningkatan ketrampilan, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Harapan tim pelaksana dengan adanya kegiatan PKM ini masyarakat Desa Aek Sipitudai, khususnya mitra kelompok tani Dalito dan kelompok tani Anak Manjae, ada peningkatan ketrampilan dalam pengolahan limbah jerami, kulit kopi dan limbah organik lainnya serta kotoran ternak menjadi produk pupuk organik dengan kualitas yang baik melalui inovasi TTG. Mitra memahami manajemen usaha sehingga kedua mitra termotivasi membuka usaha baru, meningkatnya penghasilan mitra, terwujudnya mimpi mitra menjadi masyarakat yang sejahtera dan mandiri secara ekonomi. Tim Dosen Pelaksana PKM ini akan terus berkontribusi dan bekerjasama dengan masyarakat, mitra dan pemerintah setempat dalam hal pengembangan potensi yang ada dan peningkatan ketrampilan masyarakat agar lebih kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada.

Masyarakat Desa Aek Sipitudai, dalam kegiatan PKM ini, melaui Bapak Kepala Desa, Bapak ketua kelompok tani Dalito dan ketua kelompok tani Anak manjae, menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih atas kontribusi Unimed melalui para dosen dan mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Aek Sipitudai. Dengan adanya sosialisasi dan pelatihan pembuatan kompos dari limbah organik dan kotoran ternak melalu teknik TTG dan menyerahkan seperangkat alat pencacah limbah organik, “kami akan dapat mengolah limbah organik yang tersedia cukup banyak menjadi pupuk organik yang sangat kami butuhkan untuk kegiatan pertanian. Masyarakat mitra juga sangat senang dengan kehadiran tim dosen Unimed dalam kegiatan PKM dan berharap adanya keberlanjutan kegiatan dari bapak/ibu dosen serta mahasiswa Unimed dalam berbagi ilmu agar menambah wawasan dan ketrampilannya. Harapan masyarakat Aek Sipitudai juga semoga semua kegiatan Tri Dharma dari para dosen Unimed akan terus bermanfaat bagi masyarakat luas. (Humas unimed/eo)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW