Close

" The Character Building University "

UNIMED Sukseskan Pentas Seni dan Budaya SUMUT untuk Papua Damai

Sebagai rasa meningkatkan cinta tanah air dan mempererat persatuan bangsa, POLDA Sumatera Utara (Sumut), bekerjasama dengan beberapa PTN/PTS di SUMUT menggelar pentas seni dan budaya bertemakan “Pemuda dalam Harmoni Keberagaman”, Unimed andil besar dalam mensukseskan kegiatan tersebut. Kegiatan yang diadakan di Lapangan Merdeka Medan pada Rabu (11/09) ini dihadiri ribuan civitas Unimed, serta Unimed menampilkan beberapa karya yakni tarian melayu pembuka acara, tarian kolosal puluhan mahasiswa asal Papua, baca puisi tentang damai untuk Papua, dan kegiatan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri Kapolda Sumut, Pangam I/BB,Tokoh Pendidikan Sumut Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes., beserta Wakil Rektor, Dekan di lingkungan Unimed, beberapa Rektor PTS, tokoh-tokoh pemuda Sumut dan tokoh senior masyarakat Sumut lainnya.

Pementasan seni dan budaya tersebut sebagai pesan kerukunan dan kekeluargaan dari pemuda asal Sumut dan Papua untuk saudara setanah air di Papua. Dan menampilkan karnaval 25 jenis baju adat se-Indonesia, tari kolosal dari Papua, seni lukis mural dan pementasan seni musik lainnya.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan ” saya sangat mengapresiasi atas event luar biasa yang digagas Kapolda Sumut Irjen.Pol. Agus Andrianto ini. Salah satu yang terpenting dalam keberagaman di Indonesia, bagaimana bangsa ini menghargai para pahlawan dan mereka yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Termasuk para pahlawan dari Indonesia bagian Timur. Bila seluruh warga negara memiliki cara berpikir yang positif maka tidak ada lagi rasa saling mencurigai dan mudah memahami seluruh perbedaan. Dan aspek utama yang dapat mengubah dan memperbaiki cara pikir adalah pendidikan”.

Senada itu, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan yg bermakna bagi kesatuan dan kedamaian untuk Papua. Kami Unimed dukung penuh agar Sumut damai dan maju, serta Papua aman dan damai. Mahasiswa asal Papua yg sedang studi di Unimed pasti kalian aman dan kami dukung untuk sukses dalam studi dan bisa tamat tepat waktu.

Kapolda Sumur Irjen Pol. Agus sangat senang dan bangga bisa bekerjasama dengan semua pihak untuk mensukseskan kegiatan ini dengan tujuan untuk kedamaian utk harmonisasi Sumut dan Papua. Papua kita, kita Indonesia. Terima kasih Unimed dan semua pihak yg ikut mensukseskan kegiatan ini.
Ketua Masika ICMI korwil Sumut Rizky Emiliya, sebagai ketua panitia penyelenggara menyampaikan, “dari ujung Sumatera hingga Papua semua adalah Indonesia. Ibarat sebuat orkestra, semakin banyak instrumen yang terlibat maka akan semakin indah. Untuk itu, acara yang diselenggarakan atas dukung Polda Sumut tersebut diharapkan dapat menjadi berkat untuk Indonesia”. (Humas Unimed/bg).

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW