Close

" The Character Building University "

Jurusan Biologi FMIPA Gelar Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya Ke-V

Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan mengadakan Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya yang ke V yang bertema “Revitalisasi Biologi Lingkungan dan Pembelajarannya dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 (RI 4.0) dan Sustainable Development Goals (SDG’s).” yang dilaksanakan di Aula Gd. Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. FMIPA Unimed (7/9).

Pada Seminar tersebut menghadirkan 4 narasumber diantaranya Prof. Hertien Koosbandiah Surtikanti, M.Sc.ES., Ph.D. dari Universitas Pendidkan Indonesia Bandung, Drs. Syarifuddin, M.Sc, Ph.D dari Unimed, Dr. Ir. Joeni Setijo Rahajoe, M.Sc. dari PP BIOLOGI LIPI dan Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. dari Unimed.Seminar ini turut dihadiri oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., beserta Dekan FMIPA Unimed Dr. Martina Restuati, M.Si, Dosen dan Mahasiswa Jurusan Biologi.

Adapun peserta Seminar Biologi ini berasal dari beberapa kampus baik dari pulau Sumatera maupun Luar Pulau Sumatera yaitu dari ITB, UPI, STIKEP PGRI PADANG, UNP, Universitas Nusa Cendana Kupang, Universitas Darmawangsa, UGN Sidempuan, UINSU,Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kupang, UIN Ar-Raniry Aceh, UMTS dan Universitas Kristen Indonesia.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes menyampaikan pada pembukaan acara seminar “Ada 3 hal yang sangaat penting ketika bicara Revolusi Industri 4.0, yang pertama itu Internet of Think, bagaimana seluruh aktivitas berbasis internet untuk efesiensi dan efektif. Yang kedua Artificial intelligence, kecerdasan bagaimana seorang pendidik, praktisi dan mahasiswa manghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dimana humanity tidak akan bisa digantikan teknologi. Dan yang ketiga Connectivity, seperti kita ketahui pembelajaran di Unimed sudah merancang Blanded Learning yang dimana balajar online itu lebih besar pengaruhnya. Pembelajaran yang dirancang itu kita berharap ada 3 aspek yaitu Technoligical,Pedagogical dan Content Knowledge yang merupakan framework untuk mendesain sebuah pembelajaran,”.

Dekan FMIPA Unimed Dr. Martina Restuati, M.Si, menyampaikan “kami dari fakultas merasa bangga dengan kegiatan ini, dimana ini merupakan seminar ke V dengan kemajuan yang signifikan. mudah mudahan dengan seminar ini dapat memberikan sumbangsi terhadap jurusan biologi khususnya. Karena jurusan biologilah yang memiliki tanggung jawab terhadap SDG’s dan RI 4.0 ini. dan kami berharap untuk emua peserta nantinya dapat mengikuti acara ini dan dapat mengambil manfaat pada seminar ini.”

Dr. Diky Setya Diningrat, M.Sc. sebagai ketua panitia penyelanggara seminar tersebut menyampaikan tujuan dari seminar ini “Bumi yang kita tempati ini hanya satu dan itu dari dulu dipakai manusia, oleh arena itu kita harus memikirkan untuk keberlangsungannya. Maka kita dari jurusan biologi UNIMED berinisiatif untuk membuat tema dari seminar biologi yang ke V ini.” (Humas Unimed/bg)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW