Close

" The Character Building University "

Pelatihan ESQ Menuju Mahasiswa Berkarakter

Medan- UPT Bimbingan Konseling Universitas Negeri Medan menggelar Kegiatan Pelatihan Emotional Spritual Quention (ESQ) Kepada Ratusan Mahasiswa/i Baru T.A 2019/2020 di Digital Library Lantai IV Universitas Negeri Medan, Kamis (29/08/19). Dengan mengangkat tema “ Be A Character Student” Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian pembekalan bagi mahasiswa baru dalam upaya untuk membangun karakter dan pembinaan softskill.

Kepala UPT-BK Prof. Dr. Abdul Munir, M.Pd dalam sambutanya saat membuka acara menyampaikan agar mahasiswa baru dalam menempuh pendidikannya di Universitas Negeri Medan dapat memperlihatkan sikap dan perilaku seorang intelektual serta dapat menjadi panutan dilingkungan tempat tinggalnya. Selain itu berpesan kepada mahasiswa baru agar dapat menyelesaikan pendidikanya tepat waktu dengan penuh kedisiplinan dan menggunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar beradaptasi dengan lingkungan baru dengan menggunakan disiplin yang ketat akan mampu mempercepat kelulusan seseorang.

Lanjutnya, Diharapkan nantinya kelak lebih memiliki dasar spiritual yang jernih dalam melihat persoalan bangsa kedepan sebagai generasi baru, dan mempersiapkan estafet kepemimpinan yang berkarakter dan punya visi, menekan agar para mahasiswa memiliki kemampuan untuk menterjemahkan setiap persoalan sehari-hari yang akan dihadapi, karena mahasiswa bukan mengandalkan kecerdasan semata, namun harus bisa bekerjasama dengan orang lain turut memecahkan setiap persoalan yang dihadapi. Serta memberi pemahaman kepada para mahasiswa baru bahwa didalam kehidupan sehari-hari nanti selain dituntut untuk mendalami ilmu-ilmu diperguruan tinggi seperti yang dilakukan sekarang juga dibutuhkan mahasiswa yang memahami secara benar.

ESQ merupakan pelatihan yang mengasah sisi spiritual dengan mendalam, bersamaan dengan sisi emosi dan intelektual seseorang. ESQ sangat banyak dampak yang diperoleh bagi perkembangan jiwa mahasiswa dalam pergaulannya ditengah-tengah masyarakat. Selain merubah pola pikir sebagai generasi penerus bangsa dibutuhkan seorang calon pemimpin yang memiliki karakter, agar mahasiswa tersebut mampu menjaga eksistensinya dengan perilaku hidup sehari-hari yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia sejati.(Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW