Close

" The Character Building University "

UNIMED Beri Pembekalan Instruktur Daring PPG

MEDAN – Universitas Negeri Medan Mengadakan Kegiatan Pembekalan Instruktur Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) PPG Dalam Jabatan Tahap V Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Digital Library Lt. IV Unimed (01/07/2019). Kegiatan tersebut dihadiri para pimpinan Unimed yakni Wakil Rektor I Prof. Dr. Hamid. K., M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc.,Ph.D., Dekan, Direktur PPs. Selain itu hadir juga para Wakil Dekan I dilingkungan Unimed selaku pelaksana PPG angkatan V, Koordinator PPG Unimed, Kaprodi dan Kajur pelaksana PPG angkatan V.

Kegiatan ini dibuka secara remi oleh Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S. Dalam sambutannya ia menyampaikan kepada seluruh instruktur PPG angkatan V, “keleluasaan diberikan kepada bapak/ibu sekalian untuk berimprovisasi” ungkapnya. Lebih lanjut Dr. Restu menghimbau, kembangkan/manfaatkan lah seluas-luasnya kesempatan yang diberikan ini untuk niat kita menolong calon-calon guru profesional, dan perlu kita ingat bahwa ada tanggung jawab yang diserahkan kepada kita, masa depan negara indonesia ada pada dunia pendidikan. Untuk itu kita harus terus berupaya menciptakan guru-guru yang handal dalam ilmu pendidikan. Mari kita sama-sama membuktikan bahwa institusi itu memang hadir untuk menolong calon guru-guru profesional, bukan sekedar menjalankan program pemerintah, buktikanlah bahwa kita Unimed bercita-cita untuk membangun negeri dari sekolah,kita wujudkan dari program-program seperti ini”, himbau Wakil Rektor II.

Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 tahap V akan dijadwalkan pada tanggal 01 Juli s.d 24 November 2019. Rangkaian pelaksanaan PPG Dalam Jabatan meliputi Pendalaman Materi Dalam Jaringan, Lokakarya, PPL, Uji Pengetahuan dan Uji Kinerja. Kepala Koordinator PPG Unimed Dr. Abil Mansur mengatakan peserta yang akan melaksanakan PPG Dalam Jabatan Tahap V ini sebanyak 401 peserta, dengan rincian untuk bidang studi Guru Kelas TK/PAUD sebanyak 44 peerta, Guru Kelas SD 140 peserta, Bimbingan Konseling 26 peerta, PPKN 22 peserta, Bahasa Indonesia 54 peserta, Bahasa Inggris 88 peserta, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 27 peserta. Pada tahapan awal pelaksanaan PPG Daljab Tahap V ini akan diawali dengan Pendalaman Materi melalui Pembelajaran Daring yang dilaksakan tanggal 01 Juli s.d 19 September 2019. Setelah itu pada tahapan Pembelajaran Daring ini peserta PPG akan mempelajari materi Pendidikan dan Profesi Pendidik sebanyak 4 SKS dan 6 Modul, Pendalaman Materi Bidang Studi 6 SKS dengan 6 Modul, ditambah dengan Pengembangan Perangkat Pembelajaran 3 SKS. Diakhir Pelaksanaan Pembelajaran Daring ini seluruh peserta akan dievaluasi berdasarkan nilai yang diberikan oleh instruktur dan hasil ujian formatif dan sumatif untuk menentukan apakah peserta ini telah memenuhi syarat untuk mengikuti ke tahapan berikutnya yaitu lokakarya selama 3 minggu di Universita Negeri Medan. Pelaksanaan Daring ini akan menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang merupakan pengembangan aplikasi yang telah digunakan pada pelaksanaan PPG Daljab pada tahun 2018 yang lalu. Maka, untuk menyamakan persepi antar instruktur perlu penyegaran kembali yang dikemas dalam kegiatan pembekalan instruktur pembelajaran dalam jaringan (daring) PPG Dalam Jabatan Tahap V Tahun 2019.(Humas Unimed/js)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW