Close

" The Character Building University "

UNIMED Lanjutkan PPG Daring Tahap III 2019

MEDAN – Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahap III resmi dimulai hari ini, 24 Juni 2019. Dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 06 Mei s.d 29 September 2019. Hal ini terungkap dalam acara “Penyamaan Persepsi Instruktur PPG Dalam Jabatan Pembelajaran Daring Tahap III”, yang digelar di Ruang sidang A Lt III Unimed, Senin (24/6/2019).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh wakil rektor II dan IV, bapak/ibu dekan dan wakil dekan, ketua jurusan, ketua prodi dilingkungan Unimed, dosen pembimbing dan seluruh peserta PPL PPG dalam jabatan tahap III tahun 2019.

Wakil Rektor II Dr. Restu, MS, mengatakan akan terus memantau proses pembelajaran daring serta melakukan evaluasi. “Kita telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PPG Daring Tahap II. Hasil evaluasi tersebut yang kemudian kita gunakan untuk perbaikan di tahap III,”, ujarnya.

Dijelaskan Dr Restu, pembelajaran daring merupakan salah satu solusi pembelajaran di era revolusi 4.0. Oleh sebab itu, Unimed gencar mendorong dosen dan mahasiswa untuk belajar daring. “Optimalisasi PPG Daring ini juga sebenarnya sebagai respon kita untuk memaksimalkan pembelajaran daring yang bukan hanya di Unimed, tetapi juga secara nasional”, terangnya.

Sementara itu, Koordinator PPG Unimed, Dr. Abil Mansyur, M.Si, mengatakan, pada tahap III ini, Unimed akan melaksanakan PPG Dalam Jabatan dengan model daring untuk bidang Guru TK/PAUD (2 kelas), Guru Kelas SD (2 kelas), Pendidikan Kewarganegaraan (1 kelas), Bahasa Inggris (1 kelas), Matematika (2 kelas), Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2 kelas), Teknik Ketenagalistrikan (1 kelas), Teknik Otomotif (2 kelas), Tata Busana (1 kelas), Bimbingan dan Konseling (2 kelas), Teknik Kontruksi dan Properti (1 kelas), Akuntansi dan Keuangan (2 kelas).

Dijelaskan Abil, pada tahapan Lokakarya pada pelaksanaan PPG Dalam Jabatan III ini akan dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu lokakarya yang dilakukan dalam jaringan (3 SKS) dan lokakarya yang dilakukan yang dilakukan dengan tatap muka dalam kelas (5 SKS). Pelaksanaan Lokakarya dalam jaringan ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni s.d 25 Juli 2019.

Pada Tahapan ini peserta PPG akan mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi : 1) Pengembangan RPP; 2)Pengembangan bahan ajar; 3)pengembangan media pembelajaran; 4) pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD); 5)pengembangan instrumen evaluasi.

“Masing-masing kelas akan difasilitasi oleh 6 orang instruktur. Dalam pelaksanaanya instruktur ini akan menjadi fasilitator bagi peserta PPG dalam diskusi pengembangan perangkat, memberikan koreksi dan masukan untuk perbaikan perangkat pembelajaran, dan finalisasi penyusunan perangkat pembelajaran”, ujar Abil. (Humas Unimed/ms)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW