Close

" The Character Building University "

Mahasiswa UNIMED Ciptakan Beton dari Abu Ampas Tebu dan Putih Telur

MEDAN – Pengembangan kawasan-kawasan rumah,  perindustrian,  kantor  dan  sebagainya memacu meningkatnya kebutuhan material bangunan terkhususnya beton yang mengakibatkan terjadi  peningkatan  kebutuhan  akan beton. Hal ini membuat kebutuhan akan semen meningkat. Dengan semakin meningkat kebutuhan semen, mengakibatkan produksi semen yang dihasilkan juga meningkat. untuk menekan kebutuhan semen maka diperlukan alternatif lain yang bsa digunakan sebagai pengganti semen untuk membuat beton.

Ketiga Mahasiswa Unimed mempunyai inovasi yang unik untuk membuat beton dengan menggunakan Abu Ampas tebu dan Putih Telur. Pan Surya Handika (Pend. Teknik Bangunan, 2016), Reskhi Dwi Putra Siantur (Teknik Sipil, 2017), dan Henny Puspita Sari (Pend. Fisika, 2015) yang didampingi dosen pembimbing Dr. Ir. Putri Lynna Adelinna Luthan,M.Sc memiliki ide tersebut karena mengingat banyaknya bangunan-bangunan tua di Indonesia yang dibangun tanpa menggunakan semen misalnya, Masjid Jami’ Tua Palopo Sulawesi Selatan yang dibangun pada abd 17 M, Benteng Somba Opu yang dibuat oleh Sultan Gowa ke IX, Daeng Matanre Karaeng Tumaparisi Kallona tahun 1525 M bangunan ini dibangun dari tanah liat dan putih telur sebagai pengganti semen.

Pan Surya Handikan selaku ketua penelitian mengatakan bahwa dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan  sumbangan  pada  ilmu  pengetahuan dan masyarakat, terlebih memberikan alternatif pemecahan masalah bagi  industri-industri  yang menghasilkan  material hasil produksi sampingan agar dapat diolah dan dimanfaatkan pada proyek-proyek konstruksi di kemudian hari. Dan pemanfaatan abu ampas tebu juga dapat mengurangi  pencemaran  lingkungan akibat limbah sisa produksi tebu dan telur. Penelitian ini juga diharapkan akan menghasilkan persentase  optimal  dari  pemanfaatan  abu ampas tebu dan putih telur sebagai  substitusi  parsial  semen pada campuran beton sehingga dapat diketahui bahwa pemanfaatan  abu ampas  tebu dan putih telur dengan persentase optimal dapat menggantikan peran semen sebagai  bahan  pengikat (binder) yang dapat memperkuat beton.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW