Close

" The Character Building University "

Mahasiswa Unimed Atasi Keretakan Beton dengan SHEaRLOCK RDR-PC

MEDAN – Permasalahan yang sering terjadi di Indonesia ketika membangun sebuah bangunan tampak terlihat kelemahan dalam pembangunan sebuah konstruksi berupa retakan bahkan pengeroposan yang terjadi pada masing-masing sambungan beton. Mengingat pertumbuhan sektor konstruksi yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat maka, mahasiswa UNIMED yang diketuai oleh Kurniawan Rizky Pratama Sipayung (teknik sipil), dengan anggota Jaka Prima Albertus Malau (teknik sipil) dan Malik Alfatah Sembiring (fisika) yang dibimbing oleh dosen pendamping Dr. Drs. Sarwa, M.T berinisiatif melakukan pengujian kinerja balok beton dengan menggunakan model beton precast sambungan SHEaRLOCK RDR-PC. Hal ini dikarenakan dalam melakukan pembangunan konstruksi di Indonesia yang dampaknya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi seharusnya pembangunan yang dilaksanakan harus lebih berkualitas agar konstruksi yang ada di Indonesia memiliki kualitas yang lebih baik.

“Model sistem sambungan SHEaRLOCK RDR-PC yang akan diterapkan pada penelitian ini yaitu menggunakan jenis sambungan kering karena dinilai lebih praktis sehingga dapat menerapkan konsep assembly-disassembly (bongkar pasang). Sambungan kering yang akan diterapkan menggunakan pengangkuran baut yang dilas pada plat dan ditempatkan pada daerah geser maksimum. Pelat didesain dengan bentuk slopped plate connection yang tidak hanya bertujuan untuk memudahkan instalasi balok precast dilapangan, tetapi juga untuk menahan retak geser karena berlawanan dengan arah retak gaya geser,”jelas Rizky, Rabu (18/6/2019).

Berdasarkan data-data pengujian kadar air, berat jenis, penyerapan air dan analisis saringan, maka akan dilakukan perhitungan komposisi bahan pembentuk spesimen uji atau mix design (air, pasir, kerikil dan semen). Mutu yang akan direncanakan untuk spesimen uji adalah fc’= 25 Mpa pada 28 hari. Pada tahap ini juga dilakukan pembuatan bekisting atau cetakan spesimen uji dan juga model sambungan pelat SHEaRLOCK RDR-PC yang dibuat dari material baja beserta spesimen uji balok beton monolit (tidak memiliki sambungan) dengan tujuan mengetahui perbedaan tingkat ketahanan spesimen uji yang menggunakan model sambungan SHEaRLOCK RDR-PC dengan spesimen uji monolit terhadap kuat lentur.(Humas Unimed/zr)

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW